Sukses

Nafas Anak Berbunyi

27 May 2017, 12:09 WIB
Wanita, 24 tahun.

mau nanya dok, anak saya usia 9 bulan, saat dia beraktivitas bernafas menggunakan mulut, tetapi saat dia tidur dia bernafas menggunakan hidung dan mulut tertutup, saat bernafas juga ada bunyi grok grok,jidat nya sering berkeringat apakah itu semua ada hubunganya? dan apa penyebabnya? bagaimana solusinya dok? terimakasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Nafas Anak Berbunyi melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Apakah anak Anda terlihat sesak setiap kali beraktivitas? Sudah berapa lama ia mengalami keluhan ini? Pengobatan apa saja yang sudah diberikan? Apakah anak Anda memiliki riwayat asma? 

Napas yang berbunyi pada bayi menunjukkan adanya cairan atau lendir pada paru-pari bayi. Paru-paru memang juga menghasilkan lendir. Bunyi muncul karena produksi lendir meningkat padahal belum bisa mengeluarkannya sendiri, karena refleks batuknya belum bekerja dengan baik. Kenapa produksi lendir meningkat? Keadaan ini biasanya dialami oleh bayi yang memiliki bakat alergi dimana produksi meningkat karena tepapar oleh alergen. Penyebab lain adalah bayi mengalami infeksi virus influenza. Namun, sebetulnya jika napas yang berbunyi tersebut tidak disertai tanda infeksi seperti demam, tidak mengganggu aktivitas bayi sehari-hari, dan tidak menganggu proses menyusui, keadaan ini tidak perlu dikhawatirkan. Ibu dapat mencoba memiringkan posisi tubuh anak ke kanan untuk mengurangi bunyi yang ada.Kami juga menyarankan jika anda ingin mengetahui lebih pasti mengenai kondisi anak anda maka tidak ada salahnya anda memeriksakan anak anda ke dokter spesialis anak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Nafas Anak Berbunyi. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar