Sukses

4 Poin Penting Agar Bisa Hamil

27 May 2017, 11:58 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok, saya sudah 7 tahun menikah tapi belum diberi keturunan, sudah cek ke beberapa dokter kandungan permasalahannya sama yaitu gangguan hormon, dan mereka menyarankan sy untuk diet, tp dulu sy pernah kurus, tidak juga mendapat keturunan, apa ada solusi lain ya dok selain diet untuk memperbaiki hormon??

Terimakasih telah bertanya tentang penilaian kesuburan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami keinginan Anda untuk memiliki keturunan.

Ada 4 poin penting yang disyaratkan agar bisa hamil, yaitu:

  1. Apakah Anda berovulasi (mengeluarkan sel telur)?
  2. Apakah saluran telur normal (tidak ada sumbatan)?
  3. Apakah rahim Anda memungkinan untuk pertumbuhan janin?
  4. Apakah jumlah, bentuk, dan pergerakan sperma normal?

Bagi pasangan yang sulit untuk mendapatkan keturunan, keempat hal tersebut perlu dijawab melalui uji-uji kesuburan (fertility workup). Hasil uji-uji tersebut nantinya menjadi dasar terapi apa atau pilihan metode hamil apa yang paling cocok bagi Anda dan pasangan.

Untuk menjawab pertanyaan pertama, pada wanita dilakukan pemeriksaan hormon reproduksi, yaitu:

  • Estrogen (E2): hormon utama yang diproduksi oleh indung telur
  • Follicle-stimulating hormone (FSH): hormon yang menstimulasi pematangan telur.
  • Anti-Mullerian hormone (AMH): hormon yang paling akurat untuk melihat jumlah sel telur seorang wanita. Kadar hormon ini relatif stabil dan tidak dipengaruhi oleh siklus haid sehingga dapat dites kapan saja.
  • Luteinizing hormone (LH): hormon yang juga berfungsi dalam pematangan dan pelepasan sel telur.

Untuk menjawab pertanyaan kedua dan ketiga, diperlukan pemeriksaan USG kandungan dan HSG (histerosalpingografi). Kedua pemeriksaan ini untuk melihat apakah terdapat kelainan rahim seperti mioma, polip, atau penebalan dinding rahim yang menyulitkan pertumbuhan janin, juga untuk melihat patensi tuba (apakah ada sumbatan).

Untuk menjawab pertanyaan keempat, pada pria dilakukan analisis sperma untuk melihat jumlah, bentuk dan pergerakan sel sperma. Selengkapnya:

Bagaimana dengan Anda dan suami? Apakah sudah melakukan pemeriksaan-pemeriksaan tersebut? Apakah haid Anda teratur? Ketidakseimbangan hormon berwujud dalam bentuk haid yang tidak teratur. Penyebab ketidakseimbangan hormon ini beragam dan terapinya pun tergantung pada penyebabnya. (Baca: 6 Penyebab Haid Tidak Teratur)

Karena itu, agar bisa didapatkan solusi yang tepat, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kebidanan konsultan fertilitas (SpOG-KFER) yang ahli masalah ini. Bila berbagai cara alami tetap sulit, Anda masih punya 2 pilihan untuk bisa hamil yaitu inseminasi buatan atau bayi tabung.

Semoga bisa menjawab pertanyaan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar kesuburan. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar