Sukses

TB Kelenjar di Leher

27 May 2017, 12:02 WIB
Pria, 24 tahun.

dok saya mau tanya, 1 bln yg lalu saya di rontgen dan hasilnya paru2 saya bersih, tapi pas di tes mantoux saya baru divonis dokter trkna tb kelenjar coz di leher blakang deket kpala saya trdapat kelenjar getah bening, skarang saya Lg berobat jalan (oat katagori 1), obatnya saya minum ga ada masalah yg besar, cumn kencing saya warna merah dan asam lambung saya kadang kumat aja, nah yg jadi masalah besar saya susah skali untuk stop kebiasaan merokok saya (hampir tiap hari masih ngeroko) dan kmarin2 jg saya sempet minum2'an beralcohol (tapi ga banyak) trus smpet khilaf nelen ektasi jg 1 biji pas di club mlm (abis itu langsung kepikiran terus), kira2 obat tb yg saya minum bakal resisten ga yah dok? slain itu saya mau tanya mengenai kelenjar getah bning di pinggang depan atas paha kira2 kurang lebih sebesar jempol itu apa ya dok? apa itu dari tb yg saya derita atau ada penyakit lain? mohon dijawab dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang TB Kelenjar di Leher melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. TB kelenjar menyerang kelenjar getah bening yang merupakan pertahanan tubuh terhadap penyakit, sedangkan TB paru menyerang daerah paru. Gejalanya pun berbeda, bila TBC paru identik dengan batuk lama lebih dari 3 minggu yang tidak sembuh-sembuh meskipun diberi pengobatan batuk, maka TBC kelenjar umumnya ditandai dengan pembesaran dan pembengkakan kelenjar getah bening yang ada di tubuh manusia.

Kelenjar yang paling sering diserang terlebih dahulu adalah kelenjar daerah leher hingga tepat di bawah rahang bawah. Selain pembesaran kelenjar yang menjadi teraba, adalah badan terasa meriang dan pegal. Kuman TBC sendiri sebenarnya dapat menyerang tubuh mana saja, mulai dari otak, saluran pencernaan atau kemih, hingga tulang.

Limfadenitis TB atau limfadenitis tuberkulosis atau tuberkulosis kelenjar merupakan infeksi kelenjar getah bening oleh kuman Mycobacterium tuberculosis.

Setelah diagnosis tegak, maka Anda perlu mendapatkan pengobatan tuberkulosis agar infeksi tidak menyebar dan semakin parah sehingga dapat menyebabkan luka pada kulit. Umumnya pengobatan dilakukan selama 6-9 bulan dengan regimen dan dosis yang sama. Pengobatan TB yang teratur dan tuntas (9 bulan), akan membuat benjolan akan mengecil dan hilang.

Kami menganjurkan Anda untuk kontrol kembali ke dokter spesialis penyakit dalam yang merawat Anda untuk menentukan status sakit TB Anda serta rencana evaluasi atau pengobatan selanjutnya, karena jika Anda tidak teratur minum obat penyakit Anda tidak akan dapat diatasi dengan segera.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang TB Kelenjar di Leher. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar