Sukses

Perut Terasa Berat Ketika Hamil

27 May 2017, 11:36 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok saya mau tanya soal istri saya yang sedang hamil dia sekarng merasa perutnya terasa berat itu sebabnya apa dan apakah berbahaya bagi jabang bayinya atau tidak dok terima kasih

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar perubahan pada kehamilan melalui fitur Tanya Dokter

Selama kehamilan terdapat perubahan yang terjadi pada tubuh seorang wanita dan hal ini merupakan hal yang normal dan aman bagi ibu dan janin. Perubahan yang terjadi adalah mulai dari payudara, kulit, serviks/mulut rahim, uterus (rahim),berat badan, dan saluran pencernaan. Selain itu pertumbuhan janin yang semakin besar di dalam rahim dapat mendesak organ-organ sekitarnya seperti lambung dan usus. Nyeri pinggang juga seringkali dirasakan oleh ibu hamil, karena beban yang harus ditopang oleh tulang punggung menjadi bergeser dan bertambah.

Seiring bertambah besarnya uterus, lambung dan usus akan tergeser. Pergerakan otot saluran pencernaan akan menjadi lebih lambat yang dapat menyebabkan keluhan seperti mual dan konstipasi. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan berserat untuk menjaga konsistensi feses Anda agar tetap lunak. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar perubahan pada kehamilan, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar