Sukses

Gangguan Kejiwaan

27 May 2017, 09:29 WIB
Pria, 35 tahun.

Dok sy mau ty..saudara sy ada yg mengalami gangguan jiwa,dan dia jarang tidur..jd kadang2 dia ngamuk2..apakah boleh disaat dingamuk sy bius dengan obat chloroform dok..supaya dia bs tertidur dan istirahat.karena dia kl bs tidur disaat bangun tidur dia ga ngamuk2 walaupun ga seperti orang yg normal..makasih

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan E-konsultasion Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran anda.

Kloroform dikenal karena sering digunakan sebagai obat bius, akan tetapi penggunaanya sudah dilarang karena telah terbukti dapat merusak liver dan ginjal. Kloroform kebanyakan digunakan sebagai pelarut nonpolar di laboratorium.

Untuk mengobati seseorang dengan gangguan jiwa memang membutuhkan kesabaran. Umumnya pada orang dengan gangguan jiwa perlu dianalisa terlebih dahulu jenis gangguan jiwa yang dimaksud agar memudahkan dalam pengobatan selanjutnya.

Pengobatannya terbagi atas psikofarmaka dan psikososial.

Psikofarmaka menggunakan obat-obatan anti psikotik. Sedangkan psikososial adalah terapi perilaku, dimana dokter akan memberikan suatu sesi tatap muka dengan pasien dan akan mencaritahu awal mula terjadinya gangguan, faktor yang dapat mencetuskan gangguan hingga memberikan pemahaman kepada pasien untuk mengenali penyakitnya, sehingga episode gangguan jiwa secara perlahan berkurang dan kemudian menghilang.

Oleh karena itu, penting untuk membawa saudara anda ke ahlinya yaitu dokter spesialis kesehatan jiwa agar segera mendapat terapi psikofarmaka dan psikososial.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar gangguan jiwa.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar