Sukses

Keputihan Sebabkan Kemandulan, Benarkah ?

27 May 2017, 11:15 WIB
Wanita, 22 tahun.

Sore dok.. Sy mau tanya.. Sy br 7 bulan menikah dan sdg dalam program hamil. Tp, sy terus mengalami keputihan. Apakah keputihan itu dpt memperhambat kehamilan dok? Dan bagaimana cara untuk mengurangi keputihan itu dok? Terima kasih.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan Fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada dasarnya keputihan merupakan cairan yang keluar dari vagina. Selama cairan yang keluar merupakan cairan fisiologis yaitu berwarna jernih, tidak berbau dan tidak berbau, hal ini tidak perlu dikhawatirkan dan normal terjadi akibat perubahan hormon. Anda hanya perlu menjaga higienitas area kewanitaan Anda.

Namun apabila cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit. Jika keputihan Anda termasuk keputihan abnormal maka perlu diobati karena dapat menyebabkan penyebaran infeksi ke organ dalam. Keputihan abnormal yang dibiarkan dan tidak diobati tentu akan mengganggu kesuburan dan menghambat kehamilan. Nah, jika Anda mengalami keputihan Abnormal seperti yang dijelaskan tadi, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapat penanganan segera.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar