Sukses

Nyeri Saat Buang Air Kecil

27 May 2017, 10:54 WIB
Wanita, 24 tahun.

Pago dok.. saya memiliki keluhan rasa tidak nyaman didalam vagina saya rasanya seperti gatal tapi tidak terlalu gatal dan kadang ketika saya BAK terasa nyeri di ujung. Hal ini sudah terjadi hampir 1bulan dok ketika terakhir saya berhubungan intim dengan suami setelah 4bulan tidak berhubungan ini. Apakah faktor lama tidak berhubungan berpengaruh dok? Terimakasih

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri BAK melalui fitur Tanya Dokter

Penyebab tersering munculnya rasa nyeri pada saat BAK adalah infeksi. Infeksi saluran kemih (ISK) yang menyebabkan keluhan sering BAK (buang air kecil), nyeri, sedikit-sedikit, rasa tidak lampias (rasa ada sisa setelah kencing), bisa disertai dengan perubahan warna kencing menjadi keruh atau kemerahan. Infeksi saluran kemih  dapat pula disertai dengan penyakit batu saluran kencing. Faktor risiko terjadi infeksi saluran kencing adalah minum sedikit, sanitasi yang buruk, dan hubungan seksual yang tidak sehat. Secara umum, penyakit ini tidak menular.

Untuk memastikan diagnosis ISK dan penyebabnya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut berupa wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang, misalnya urinalisis. Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter umum.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar nyeri BAK,  Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar