Sukses

Gejala Herpes Zoster

27 May 2017, 10:31 WIB
Wanita, 24 tahun.

Siank dokter. 5 januari 2015 saya terkena herpes zooster di pinggang belakang sebelah kanan hingga perut kanan. Skrng tggl 26 mei saya lemas skali akibat sibuk, begadang dan kerja trus. Dan bekas luka herpes saya berasa nyut nyut dan nyeri ulu hati (sewaktu januari jg sakit di ulu hati kata dokter akibat herpes juga), saat ini blm timbul bintik2 ataupun luka berair Sy mau tanya. Apakah gejala ini termasyj gejala kambuh herped zooster atau tdj ? Dan apa saja yg hrs sy lakukan ?

Terima kasih telah bertanya tentang gejala herpes zoster melalui fitur Tanya Dokter. 

Herpes zoster adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varisela-zoster dan menyerang kulit, mukosa, serta saraf. Karena disebabkan oleh virus, maka penyakit ini dapat sembuh sendiri (self limiting disease) dalam jangka waktu beberapa hari asalkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh meningkat.

Obat antivirus yang diberikan untuk diminum 5x/hari ditujukan untuk mempercepat fase penyembuhan penyakit dengan mematikan virus tersebut. Apabila Anda tidak meminum antivirus, maka kesembuhan yang akan terjadi mengandalkan daya tahan tubuh Anda. Apabila hanya mengandalkan daya tahan tubuh, maka kesembuhan terjadi dalam hitungan hari sampai minggu.

Bila belum muncul bercak kemerahan belum dapat dipastikan apakah yang Anda alami adalah herpes zoster. Akan tetapi, bila sudah muncul bercak kemerahan harus dipastikan dengan pemeriksaan langsung ke dokter untuk melihat lesi kulit yang Anda alami. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai gejala herpes zoster. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar