Sukses

Sindrom Nefrotik Kambuh Lagi?
27 May 2017, 10:31 WIB
Pria, 16 tahun.

salam dok, saya ingin bertanya saya menderita syindrome nefrotik dua tahun yg lalu, banyak yang mengatakan penyakit itu berbahaya dan mudah kambuh apakah benar?

Terima kasih telah bertanya tentang sindrom nefrotik melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sindroma Nefrotik merupakan suatu kelainan ginjal akibat terjadi kerusakan pada saluran filtrasi ginjal akibat karena adanya peradangan atau pembentukan jaringan hyalin. Sindrom ini memiliki beberapa klasifikasi yang dapat dilihat dengan pemeriksaan histologi (melihat sel dengan mikroskop). Pemeriksaan yang dilakukan dapat dilihat dengan pemeriksaan urin, pemeriksaan darah, hingga biospsi ginjal.

Terapi yang dilakukan bisa dengan terapi simptomatis (misalnya menghilangkan gejala bengkak) ataupun terapi untuk kerusakan ginjal. Pada beberapa kasus terutama untuk anak-anak bila dilakukan terapi dengan cepat maka dapat terjadi perbaikan dalam penyakit ini.

Steroid merupakan salah satu obat yang digunakan pada penderita penyakit ini untuk mengurangi inflamasi yang terjadi pada ginjal, dan memang memiliki efek samping salah satunya pembengkakan pada area wajah (moon face). Namun pada umumnya efek samping ini akan perlahan berkurang setelah dosis obat diturunkan, hingga dihentikan (jika kondisi penyakit telah sembuh).

Agar terapi ini dapat memberikan hasil yang baik, maka diperlukan ketekunan dan kedisiplinan dalam terapi. Untuk itu kami tidak menganjurkan anda untuk menghentikan pengobatan sendiri tanpa saran dari dokter anda.

Penyakit ini memang dapat kambuh lagi. Oleh karena itu sebaiknya anda rutin melakukan pemeriksaan kepada dokter anda, untuk dapat selalu memantau perjalanan penyakit dan juga keberhasilan terapi, dan mencegah komplikasi yang tidak diinginkn dari penyakit ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai sindrom nefrotik. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar