Sukses

Efek Samping KB Suntik 3 Bulan

24 May 2017, 16:27 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok saya mw tanya,tentang KB saya baru coba suntik KB yang 3 bulan,tp habis suntik saya malahan kluar haid lagi padahal saya habis haid awalnya saya pakai KB suntik yang 1 bulan,itu knp ya

Terima kasih telah bertanya mengenai KB suntik melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

KB suntik 3 bulan atau depo provera mengandung medroxyprogesterone acetate, hormonal yang serupa dengan hormon progesteron di dalam tubuh. Depo provera ini akan menghalangi pematangan sel telur dan menghalangi pembentukan lapisan rahim yang terjadi dalam siklus menstruasi sehingga menghalangi terjadinya pembuahan dan implantasi (perlekatan embrio ke dinding rahim).

Seperti layaknya kontrasepsi hormonal lainnya, depo provera memiliki risiko dan efek samping. Efek samping depo diantaranya adalah peningkatan berat badan, perdarahan, mual, kembung, pembesaran dan nyeri pada payudara, sakit kepala, depresi, insomnia, jerawat, nyeri punggung, dan penurunan gairah seksual. Sama seperti KB hormonal lainya, dapat timbul gangguan haid seperti flek. Tidak semua wanita yang menggunakan depo provera akan mengalami efek samping ini.

Untuk evaluasi lebih jelas keadaan anda. sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai KB suntik . Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar