Sukses

Gejala Tuberkulosis Paru

27 May 2017, 10:31 WIB
Wanita, 23 tahun.

Saya demam,pilek,sesak napas,batuk berdahak dan warna dahaknya hijau keabuan kata dokter saya terkena flek dan gejala tb apa betul ya dok

Terima kasih telah bertanya tentang gejala tuberkulosis paru melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Untuk menjawab pertanyaan Anda, ijinkan kami menjelaskan mengenai tuberkulosis paru. Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman Mycobacterium tuberculosis yang bersifat sistemik, yang dapat bermanifestasi pada hampir semua organ tubuh dengan lokasi terbanyak di paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer. TBC ditularkan melalu droplet/udara.

Umumnya gejala yang timbul pada penderita TBC paru dapat berupa batuk-batuk yang produktif > 3 minggu, batuk berdarah, sesak nafas, nyeri dada, lemah, letih, berat badan menurun, nafsu makan menurun, berkeringat pada malam hari, demam yang tidak tinggi dan lain sebagainya.

Pengobatannya dengan obat anti tuberkulosis (OAT) yang diberikan secara 6 bulan dan harus diminum setiap hari secara teratur. Obat yang tidak diminum secara teratur dapat menyebabkan resistensi (kekebalan) kuman. Jika sudah terjadi resistensi, OAT tidak ampuh lagi membunuh kuman TBC dan kondisi ini akan memperparah penyakit TBC yang diderita.

Saran kami adalah berkonsultasi dengan dokter untuk dilakukan beberapa pemeriksaan penunjang demi memastikan penyakit TB Paru. Pemeriksaan tersebut antara lain pemeriksaan dahak dan rontgen paru. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai gejala tuberkulosis paru. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar