Sukses

Cara Menurunkan Berat Badan

27 May 2017, 09:56 WIB
Pria, 25 tahun.

Halo dok,, Dok saya sedang program diet, apakah berolahraga bersepeda selama 40 menit seminggu 3 kali, mengurangi makanan berlemak & mengganti nasi putih dgn nasi merah sudah cukup untuk mendukung program diet saya ? Dan waktu yg tepat untuk berolahraga saat puasa kpn ya dok ? Terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang cara menurunkan berat badan menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Untuk menurunkan berat badan perlu diperhatikan beberapa hal, yaitu pola makan, pola istirahat dan pola olah raga Anda. Bagaimana dengan pola makan/istirahat/olah raga Anda selama ini?

Menurunkan berat badan paling baik dilakukan dengan kombinasi diet sehat dan olahraga. Kedua hal itu tersebut tidak dapat dipisahkan. Anda harus tetap melakukan olahraga bersamaan dengan pengaturan makanan. Jika hanya diet saja dan tidak diimbangi dengan olahraga Anda akan cenderung merasa lemas. Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti plank, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada berat tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Hilangkan keinginan Anda untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan.

Untuk diet, yang harus Anda lakukan adalah mengurangi jumlah kalori dalam sehari. Tetap usahakan makan 3x sehari hanya saja porsinya yang diatur sesuai dengan kebutuhan kalori Anda. Setiap kali Anda makan ada unsur kabohidrat (roti gandum, kentang), hindari makanan gorengan, minuman dan makanan yang terlalu manis, garam, konsumsi banyak air putih, perbanyak lauk dengan ikan, perbanyak sayur dan buah, hindari makanan dari kaleng atau fast food(sosis, kentang goreng, nugget), hindari jajanan manis (bila lapar, dapat pilih snack berupa buah atau sayur yang manis). Cobalah agar makan pagi Anda selalu disertai oleh buah yang manis. Untuk malam hari hindari makanan yang terlalu besar porsinya.

Menurunkan berat badan membutuhkan waktu, kesabaran, dan kedisiplinan. Namun jika Anda melakukannya dengan sepenuh hati dan tepat, maka akan membuahkan hasil seperti apa yang Anda impikan. Apabila susah melakukan diet sendiri, Anda dapat minta bantuan Dokter Spesialis Gizi untuk mengatur kebutuhan nutrisi Anda dan juga bantuan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga untuk membantu menentukan resep olahraga Anda.

 

Semoga usaha menurunkan berat badan Anda berhasil.

Puasa bukanlah menjadi alasan untuk tidak beraktivitas. Olahraga merupakan salah satu hal yang tetap dianjurkan untuk dilakukan saat puasa. Tidak perlu takut akan menjadi pingsan bila berolahraga saat puasa karena tubuh tetap memiliki cadangan air dan lemak saat berpuasa. Asalkan pemilihan waktu dan jenis olahraganya benar, olahraga saat berpuasa tidak akan merugikan Anda.

Sebaiknya olahraga dilakukan 1 jam hingga 30 menit menjelang berbuka puasa. Mengapa demikian? karena dengan begitu jarak antara waktu olahraga dengan waktu berbuka tidaklah jauh, sehingga tubuh dapat langsung mengganti kehilangan cairan dan energi akibat olahraga. Cairan yang hilang dapat digantikan dengan minum air dan energi dapat digantikan dengan makan-makanan yang manis.

Jenis olahraga yang dianjurkan saat berpuasa adalah olahraga dengan intensitas ringan seperti berjalan, bersepeda, dan berenang serta tidak lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan agar tidak terjadi cedera otot.

Demikian penjelasan tentang cara menurunkan berat badan yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar