Sukses

Telinga Berdengung dan Gatal

27 May 2017, 08:54 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok, Cara mengatasi telinga yang berdengung, gatal dan nyeri. Gimana ya dok? Terima kasih

Terima kasih telah bertanya seputar telinga berdengung dan gatal melalui fitur Tanya Dokter

Keluhan telinga berdengung dalam dunia medis dikenal dengan nama Tinitus. Tinitus sendiri berarti suara berdenging atau berdengung, atau jenis suara lain yang berasal dari kepala atau telinga tanpa keterlibatan sumber eksternal. Tinitus bukanlah penyakit namun suatu gejala dan sebaiknya segera dicari penyebabnya. Terdapat dua jenis tinitus, yaitu yang subjektif dan objektif. Tinitus subjektif berarti tinitus yang hanya dapat didengar oleh penderita sendiri.

Penyebabnya adalah kelainan pada telinga bagian luar, dalam, dan tengah. Tinitus ini juga dapat disebabkan oleh gangguan pada saraf-saraf pendengaran di otak. Sedangkan yang objektif dapat didengar juga oleh dokter yang memeriksa. Tinitus jenis ini jarang ditemukan, dapat disebabkan oleh kelainan pembuluh darah, atau gangguan tulang telinga dalam.

Tinitus seringkali disebabkan oleh kotoran telinga yang teralalu banyak, infeksi telinga tengah dan dalam, dehidrasi, kelainan pembuluh darah, kerusakan sel saraf, dan juga tumor.

Tidak ada obat khusus untuk tinitus, yang paling penting adalah menghilangkan pencetus atau menyembuhkan penyebab. Sementara itu, hindari pajanan suara keras, hindari pencetus tinitus seperti rokok, dan garam terlalu banyak. Kemudian berolahragalah untuk memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh.

Telinga yang gatal dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti alergi (eczema, dermatitis seborhoic, atau psoriasis), infeksi jamur ataupun bakteri, adanya gigitan binatang atau ada gigitan kutu, lalu oleh karena adanya serumen (kotoran telinga) ataupun kurangnya cairan telingga sehingga kering.

Penyebab paling sering keluhan telinga gatal adalah kotoran yang menyumbat atau serpihan kotoran dalam telinga. Terkadang letaknya lebih dalam dan tidak terjangkau oleh pembersih telinga biasa. Untuk itu, memang sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan telinga dengan alat khusus. Dengan demikian dapat diketahui apakah ada kotoran yang menyumbat di bagian dalam telinga atau tidak, serta ada tidaknya luka. Kemudian pembersihannya juga memerlukan alat khusus untuk bisa menarik kotoran yang letaknya di telinga bagian dalam.

Yang dapat Anda lakukan adalah menjaga agar telinga selalu kering (bersihkan pelan-pelan telinga setelah terkena air/mandi atau berenang), hindari menggaruk dengan jari, dan lindungilah kulit dari iritasi.

Kami juga tidak menyarankan Anda melakukan pembersihan telinga sendiri karena risiko terluka lebih besar. Mintalah orang lain untuk membantu Anda membersihkan telinga. Sebelum menggunakan obat, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter supaya dapat dilihat bagian-bagian telinga tersebut, dan adakah peradangan maupun infeksi yang menyebabkan nyeri sehingga bisa disesuaikan pengobatannya dan Anda memperoleh terapi yang optimal.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar telinga berdengung dan gatal.Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar