Sukses

Infeksi Jamur

27 May 2017, 08:07 WIB
Pria, 27 tahun.

Permisi dok, saya mau tanya 2 hri yang lalu saya ada membeli celana di suatu toko kemudian tanpa mencuci saya menggunakan celana itu, karena pada saat itu badan saya lagi kurang enak maka saya langsung tidur menggunakan celana tersebut, ketika bangun terasa gatal di area selangkangan saya dan merah di daerah selangkangan dan terasa gatal Apakah itu infeksi jamur dok? Dan berapa lama tahap penyembuhannya?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan E-konsultasion Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran anda.

 Penggunaan celana baru tanpa dicuci memang dapat menularkan suatu infeksi jamur. Dapat disebabkan oleh jamur dermatofita atau candida, dalam dunia kedokteran disebut sebagai tinea kruris. Untuk menentukan apakah itu infeksi jamur, perlu dilakukan pemeriksaaan fisik lebih lanjut melalui pemeriksaan kerokan kulit anda

Biasanya mengenai daerah selangkangan atau sisi paha atas bagian dalam, dapat terjadi di kedua paha atau di salah satu paha saja. Keluhan utama adalah rasa gatal yang dapat hebat. Lesi berbatas tegas, tepi meninggi yang dapat berupa bintil-bintil kemerahan atau lenting-lenting kemerahan, atau kadang terlihat lenting-lenting yang berisi nanah. Bagian tengah menyembuh berupa daerah coklat kehitaman bersisik. Garukan terus-menerus dapat menimbulkan gambaran penebalan kulit.

Selangkangan merupakan bagian tubuh yang mudah lembab karena merupakan area bagian yang terlipat. Terdapat faktor yang mempengaruhi kelembaban di daerah selangkangan seperti aktifitas fisik, kondisi tubuh yang sering berkeringat, berat badan, suhu lingkungan, dan jenis pakaian/celana dalam yang tidak menyerap keringat.

Seseorang dengan berat badan berlebih cenderung memiliki kondisi kulit yang mudah lembab dan berkeringat. Kulit yang lembab merupakan suasana yang baik untuk pertumbuhan kuman dan jamur. Gejala dari infeksi jamur adalah gatal, berbau, lembab, kulit mudah iritasi/kemerahan.

Apakah anda faktor resiko lain seperti penyakit diabetes ? Pada pasien diabetes mudah untuk terinfeksi jamur.

Pengobatan infeksi jamur, pada umumnya pengobatan 2-4 minggu. Tetapi respon pengobatan setiap individu dapat berbeda.

Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Beberapa tips mencegah infeksi jamur

Bersihkan daerah selangkangan setiap hari dan kemudian dikeringkan dengan kain. Pakai celana dalam setelah area selangkangan kering.
Ganti celana dalam setiap hari.
Jangan menggunakan handuk bersama-sama dengan orang lain. Gunakan handuk bersih, cuci handuk sesering mungkin.
Jangan menggunakan celana atau celana dalam yang terlalu ketat
Menurunkan berat badan. Seseorang dengan berat badan lebih memiliki risiko terkena infeksi jamur lebih tinggi.
Segera mandi setelah melakukan aktifitas fisik dan membuat Anda banyak berkeringat

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar infeksi jamur.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar