Sukses

Cara Menghilangkan Plak Pembuluh Darah

27 May 2017, 04:17 WIB
Pria, 35 tahun.

Salam sehat dok, sy mau tanya tentang jantung koroner, apakah plak yg menyumbat itu bisa di hilangkan ato tdk dok? Karena kasus pd ibu sy sudah 2x di sedot belum bisa hilang juga, apakah ada solusi untuk itu dok?

Terima kasih telah bertanya tentang cara menghilangkan plak pembuluh darah menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Pada dinding pembuluh darah memang bisa terbentuk plak yang disebabkan oleh proses aterosklerosis (pembentukan plak dalam pembuluh darah) yang dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti:

1. Usia
2. Merokok, berapapun jumlahnya
3. Kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang tinggi
4. Hipertensi
5. Kadar kolesterol HDL yang rendah
6. Diabetes Mellitus
7. Pembentukan plak ini dapat terjadi pada pembuluh darah manapun, bisa di jantung (penyakit jantung koroner), otak (stroke), kaki (DVT), dll. Pembentukan plak atau aterosklerosis merupakan suatu proses yang kronis dan membutuhkan waktu bertahun-tahun.

Kolesterol yang tinggi memang merupakan salah satu faktor risiko aterosklerosis. Namun, proses aterosklerosis terjadi dalam jangka waktu tahunan sampai puluhan tahun. Apabila Anda tidak menangani kolesterol Anda dengan baik dan terutama apabila Anda memiliki faktor risiko ateroskelrosis yang lainnya, maka mungkin saja dalam beberapa puluh tahun ke depan Anda mengidap Penyakit Jantung Koroner/ Stroke.

Hiperlipidemia atau hiperkolesterol dapat disebabkan oleh faktor familial (keturunan) ataupun pola makan yang kurang sehat. Pola gaya hidup saat ini disertai dengan pergeseran pola makan fast food serta kurangnya olahraga sangat menunjang terjadinya peningkatan kolesterol. Pola hidup tidak sehat tentunya sangat berpengaruh di dalam peningkatan kadar kolesterol tubuh. Kemungkinan peningkatan kolesterol Anda disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat

Penatalaksanaan pertama untuk menangani hiperkolesterol adalah diet rendah kolesterol dan olahraga. Obat akan digunakan apabila kadar kolesterol tidak dapat terkontrol dengan diet dan olahraga. Pada usia Anda yang masih sangat muda, pada umumnya tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat penurun kolesterol. Yang harus Anda lakukan adalah diet sehat, tidak merokok, dan olahraga secara teratur 3x/minggu selama minimal 30 menit setiap sesinya.

 

Demikian informasi tentang cara menghilangkan plak pembuluh darah yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

1 Komentar

  • Ace******

    Menjabarkan penyebab, resiko dan tindakan preventif, namun tidak menjawab pertanyaan yang diajukan. Jadi, saya wakili untuk menanyakan kembali: 'Apakah bisa menghilangkan plak pada pembuluh darah?' Terima kasih.