Sukses

Nyeri Payudara dan Mual Saat Hamil

26 May 2017, 21:46 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok, saya sekarang sedang hamil dua bulan, apakah nyeri pada payudara itu normal ? Bagaimana cara mengurangi mual, saya juga punya riwayat maag, saya bingung ini mual karna memang sesang hamil atu karna maag saya lagi kambuh.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

 

Nyeri pada payudara memang salah satu gejala kehamilan, terutama kehamilan muda. Karena pada saat itu payudara sedang mempersiapkan kelenjar mamae untuk menghasilkan ASI. Jadi janin Anda dalam keadaan baik. Namun bila keluhan berulang dan mengganggu, kami sarankan untukmemeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan segera untuk mendapat penanganan optimal.

Sakit maag atau gastritis adalah istilah medis yang digunakan ketika terdapat peradangan atau infeksi pada lapisan dinding lambung. Hal ini dapat menyebabkan masalah pada pencernaan. Gastritis dan kehamilan memiliki keterkaitan yang erat. Seringkali wanita hamil mengalami gejala gastritis yang diakibatkan oleh beberapa penyebab.

Salah satu penyebabnya adalah stres, dimana seorang wanita biasa mengalaminya selama masa kehamilan. Rendahnya asupan makanan asupan gizi yang kurang, diet yang tidak seimbang, merokok, dan mengkonsumsi alkohol adalah alasan lain untuk terjadinya gastritis selama kehamilan.

 

Saat hamil, terutama saat trimester pertama kerap terjadi penurunan selera makan juga disertai mual dan muntah.

Berikut beberapa tips atasi sakit maag untuk ibu hamil:

Hindari Perut Kosong.
Saat hamil, terkadang terjadi penurunan nafsu makan. Oleh karena itu, makanlah dengan porsi kecil dan dan frekuensi yang sering sehingga terhindari dari rasa kenyang yang dapat membuat wanita hamil menjadi begah dan terasa tidak nyaman. Bagi yang mengeluhkan morning sickness, bisa disiasati dengan minum air hangat pada pagi hari.

Makanlah dengan Perlahan.
Dengan mengunyah makanan dengan benar dan perlahan maka ibu hamil memiliki manfaat seperti lebih kenyang dan menjaga kebersihan mulut, hal ini berkaitan dengan hidrogen karbonat dalam air liur yang dapat menetralkan pembentukan plak-plak. Selain itu dapat membantu pencernaan dikarekan air liur dapat memecah partikel makanan ketika sedang dikunyah. Terakhir manfaatnya akan meningkatkan produksi air liur dan membantu anda untuk menyerap nutrisi, vitamin, dan partikel yang diserap dan menaikan energi di dalam tubuh.

Jangan Berbaring Setelah Makan.
Hal tersebut dapat memudahkan asam lambung beserta isinya untuk berbalik kembali ke kerongkongan. Jika ingin berbaring, sebaiknya beri jeda waktu dan juga posisikan kepala lebih tinggi dari kaki. Agar asam lambung dan isinya tidak naik, dan juga untuk mencegah terjadinya heartburn pada wanita hamil.

Hindari Stres.
Tekanan fisik maupun psikis bisa menimbulkan stres. Jika hal ini terjadi selama kehamilan, maka dapat memicu produksi asam lambung yang berlebihan. Sebaiknya hindari terjadinya stres dengan menikmati masa kehamilan dan dengan dukungan orang sekitar.

Kenakan pakaian yang nyaman.
Pakaian khusus ibu hamil di desain khusus dan longgar, sehingga akan terasa nyaman dipakai, juga membantu untuk menghindari tekanan pada perut sehingga dapat nyaman beraktifitas.

Jika kondisi gastritis masih mengganggu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu keadaan Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Nyeri Payudara Saat Hamil. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar