Sukses

Memperbaiki Forward Head Posture

27 May 2017, 05:28 WIB
Pria, 20 tahun.

siang dok,saya mau nanya..apakah postur tubuh forward head itu bisa diubah dok?kalau bisa,bagaimana caranya?terimakasih dok

Terimakasih telah bertanya tentang postur tubuh melalui fitur Tanya Dokter.

Forward head posture merupakan postur tubuh di mana kepala cenderung lebih maju dibandingkan batang tubuh. Postur ini disebut juga dengan "texting neck" yang sering ditemukan pada orang-orang yang banyak bekerja di depan komputer, station kerja kurang ergonomis dan banyak menggunakan ponsel pintar.

Postur tubuh ini sering menimbulkan nyeri pada leher dan nyeri punggung atas. Namun demikian, dengan latihan dan memperbaiki kebiasaan postur ini dapat diperbaiki.

Beberapa adalah kebiasaan yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah dan mengurangi forward head posture:

  1. Usahakan tubuh selalu satu garis ketika duduk maupun berdiri. Ketika berdiri, berat badan harus terdistribusi merata pada tubuh bagian depan, belakang, dan kedua kaki. Ketika duduk, duduklah dengan tegak. Telinga, bahu, dan panggul harus satu garis vertikal. Posisi duduk apapun, sekalipun ergonomis, bila dilakukan dalam waktu lama akan melelahkan. Karena itu, dianjurkan untuk berganti-ganti posisi duduk misalnya duduk di ujung kursi dengan punggung yang lurus diselingi dengan duduk bersandar pada kursi kerja agar otot-otot punggun rileks.Hindari posisi duduk dengan menyilangkan kaki, bersandar pada satu sisi, bahu membungkuk ke depan, atau dengan kepala yang mendongak. Usahakan layar komputer berada sejajar dengan mata atau di bawah mata.

  2. Bangun dan bergerak. Agar otot-otot tidak tegang, posisi harus diubah sesering mungkin. Salah satu caranya dengan mengambil waktu istirahat dari duduk, selama 2 menit setiap setengah jam untuk relaksasi/peregangan, berdiri atau berjalan.

  3. Gunakan perlengkapan dan kursi kerja yang ergonomis.
  4. Tingkatkan kewaspadaan terhadap postur dan ergonomi dalam berbagai kondisi. Postur dan ergonomi tidak hanya diperhatikan pada saat bekerja, namun juga ketika berada di rumah atau sedang berlibur.
  5. Olahraga untuk mencegah cedera dan memperbaiki postur. Miliki waktu olahraga yang rutin seperti berjalan, berenang, bersepeda. Jenis olahraga tertentu dapat menguatkan otot-otot punggung sehingga mencegah cedera. 
  6. Gunakan sepatu/sandal yang nyaman ketika berdiri. Hindari penggunaan sepatu berhak tinggi dalam waktu lama, karena dapat mempengaruhi titik pusat gravitasi tubuh sehingga distribusi berat badan tidak merata. Ini akhirnya akan berpengaruh terhadap otot-otot punggung dan postur tubuh.
  7. Selalu ingat postur dan ergonomi yang baik saat bergerak. Berjalan, mengangkat benda berat, mengangkat telepon, dan mengetik merupakan aktivitas-aktivitas yang membutuhkan perhatian pada postur dan ergonomi. Penting untuk menjaga postur tubuh bahkan pada saat bergerak, untuk mencegah cedera. Cedera punggung sering terjadi ketika tubuh berputar atau mengangkat benda berat. Dan ini biasanya terjadi karena posisi dan pergerakan yang kurang tepat.
  8. Ciptakan lingkungan fisik dan lingkungan kerja yang ergonomis. Lingkungan rumah dan tempat kerja kadang perlu dimodifikasi agar sesuai dengan kondisi Anda. Workstation perlu diperbaiki agar ergonomis bagi tubuh Anda. Ini akan lebih mudah dan lebih tidak menguras waktu dan tenaga daripada harus berobat ke dokter atau mengkonsumsi obat-obatan antinyeri jika nyeri terus-menerus kambuh.
  9. Hindari postur yang overprotektif. Postur harus dipertahankan dalam posisi yang rileks. Bila tubuh terlalu 'memaksakan' postur tertentu, nantinya menjadi tidak natural dan otot pun akan kaki serta menegang. Bila sudah ada nyeri pada punggung atau leher, memang secara alami orang akan membatasi pergerakan tertentu yang dapat menambah nyeri. Pembatasan gerak harus dilakukan bilang memang ada fraktur (patah tulang) atau kondisi serius lainnya. Tetapi sebenarnya struktur tulang belakang dibuat untuk bergerak sehingga bila pembatasan gerak dilakukan dalam waktu lama akan membuat nyeri semakin bertambah. 

Untuk jenis-jenis latihannya dapat Anda lihat di situs video online

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar postur tubuh. Semoga bermanfaat. (FA)

 

0 Komentar

Belum ada komentar