Sukses

Mabuk Perjalanan

27 May 2017, 05:15 WIB
Wanita, 50 tahun.

Pada awalnya mabuk kendaraan karena perjalanan jauh. Selang 3 hari ... tiap pagi perut sering mual mual. Minta resep obat nya dok ?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mabuk perjalanan dalam dunia medis disebut dengan motion-sickness. Gangguan ini tidak semata-mata terjadi hanya pada anak-anak saja. Namun juga dapat terjadi pada berbagai usia. Berbagai gejala mabuk perjalanan terjadi karena adanya ketidakselarasan kerja sistem penglihatan, sistem keseimbangan dan sistem raba-sentuh dalam tubuh kita.

Untuk menurunkan atau bahkan mencegah kejadian pusing dan mual saat berkendara, ini tip yang bisa Anda lakukan:

Jangan makan berlebihan, atau minum alkohol sebelum melakukan perjalanan.
Duduklah pada kursi bagian depan, sehingga pandangan dapat diarahkan ke jalan.
Pilihlah posisi duduk yang paling nyaman, dengan gerakan yang paling minimal saat di dalam kendaraan.
Posisi duduk 45 derajat, dan pastikan bahwa Anda duduk dengan nyaman.
Jika perlu, buka jendela agar Anda dapat menghirup udara segar selama perjalanan.
Anda dapat mengonsumsi beberapa obat-obatan yang dijual bebas di pasaran untuk mengurangi keluhan mabuk perjalanan. Dua jenis obat yang biasanya mampu menurunkan risiko terjadinya mabuk perjalanan adalah antikolinergik dan antihistamin.

Kemungkinan mual muntah yang Anda alami disebabkan oleh peningkatan asam lambung. Selain itu keluhan sering bersensdawa menandakan tingginya kadar gas dalam lambung, hal ini dapat diobati dengan mengonsumsi obat lambung. 

Awalnya, Anda dapat mengonsumsi obat anti asam lambung yang berisikan antasid untuk meredakan gejala. Antasid merupakan obat untuk menurunkan asam lambung yang bekerja dengan cepat. Antasid biasanya digunakan sebagai terapi akut (saat gejala sedang muncul). Untuk terapi rumatan/maintenance dapat diberikan obat golongan PPIs seperti omeprazole atau lansoprazole. Jika dengan perubahan pola makan dan minum obat bebas tersebut, keluhan tidak berkurang, sebaiknya Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah terdapat luka pada lambung Anda.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan menegnai mual muntah.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar