Sukses

Mengatasi Floaters pada Mata

27 May 2017, 04:28 WIB
Wanita, 23 tahun.

Sore dokter Saya mau tanya, mata sebelah kanan saya buram, sebenarnya dari sejak saya SMK, awal nya saya kira karna belajar menggunakan proyektor, tp saat saya berobat ke dokter spesialis mata, kata nya di dalam bola mata saya yg hitam nya itu ada bercak bercak yg buat mata saya buram. Nah setelah saya pakai obat minum dan tetes nya, tidak ada perubahan sama sekali dok. Gmna ya cara menanggulangi nya?

Terimakasih telah bertanya tentang floaters melalui fitur Tanya Dokter.

Bercak pada penglihatan yang Anda maksud, disebut dengan floaters dalam bahasa kedokteran. Floaters dapat berwarna bening, putih, hitam, atau keabuan serta berbentuk garis seperti benang halus, seperti jala, ataupun bentuk lainnya. Umumnya floaters muncul ketika Anda menggerakan bola mata dan menjauh ketika Anda berusaha untuk melihatnya secara langsung.

Floaters disebabkan ketika badan vitreus (bantalan bola mata yang seperti jelly) di dalam bola mata menjadi lebih cair. Serat-serat halus di dalam badan vitreus ini cenderung menempel satu sama lain dan menimbulkan bayangan di depan retina, yang nampak sebagai floaters.

Floaters biasanya muncul saat pubertas atau remaja. Yaitu ketika tubuh sedang mengalami perubahan dan perkembangan. Secara fisik ini tidak berbahaya, tetapi memang cukup mengganggu ketika Anda pertama kali menyadarinya. Walaupun demikian, segera hubungi dokter mata apabila Anda mengalami:

  • Lebih banyak floaters dari biasanya
  • Terdapat floaters baru yang tiba-tiba muncul
  • Terdapat kilatan-kilatan cahaya
  • Terdapat gangguan penglihatan pada kedua sisi lapang pandang

Floaters dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan apapun. Yang dapat Anda lakukan saat ini adalah mencoba terbiasa dengan adanya floaters dan mengabaikannya agar tidak mengganggu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar floaters. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar