Sukses

Stres Penyebab Jerawat?

26 May 2017, 21:45 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok saya ini stres trus muncul jerawat sama komedo banyak dan bintik2 jerawat gimana cara mengatasinyA

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini:

Stress
Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
Kelenjar minyak yang terlalu aktif
Keturunan dari orangtua
Bakteri di pori-pori kulit

Dr. Lisa Garner, profesor di departemen dermatologi Universitas Southwestern Texas menegaskan bahwa stres ternyata memegang peranan penting dalam memperberat jerawat. Stres bukan penyebab utama terjadinya jerawat namun dapat memperparah jerawat yang sudah terjadi. Mekanisme yang jelas memang belum diketahui, namun diduga pada mereka yang mengalami stres psikologis, kelenjar-kelenjar sebasea pada kulit memproduksi sebum lebih banyak. Selain itu, mereka yang mengalami stres juga cenderung menekan-nekan sendiri jerawatnya sehingga memicu peradangan terjadi lebih hebat. Jerawat akan semakin membandel ketika seseorang sedang mengalami stres yang berlebihan.

 

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Obat yang dapat digunakan adalah retinoic acid, benzoil peroksida, dan antibiotik topikal/oles. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum tergantung derajat keparahan jerawat.

Cucilah muka dengan sabun muka khusus untuk jerawat atau dengan sabun bayi setidaknya 2 kali sehari, terutama setelah beraktivitas atau berkeringat. Sabun jenis apakah yang Anda gunakan selama ini?

Kami sarankan Anda untuk konsultasi ke Dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan kebersihan wajah.


Sangat penting diketahui agar pasien tidak mengganggu jerawat dengan menekan atau memijat atau sekedar memegang-megang. Hal ini bukan saja akan membuat peradangan menjadi lebih hebat namun juga dapat mempengaruhi proses penyembuhan luka, sehingga dapat terjadi jaringan parut (scar)/jaringan bekas jerawat.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar