Sukses

Infeksi Telinga

26 May 2017, 21:45 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat malam dok saya mau bertnya sejak kamis malam saya merasa nyeri d telinga nah pas jum'atnya sudah mereda nyerinya dn bsa beraktifitas lg, jum'at sore saya mudik dr jogja - kebumen nah d penghujung perjalanan mulai terasa lagi nyerinya akhirnya sebelum sampai rumah saya beli tetes telinga saya pikir ini iritasi dan semalam nyerinya berasa luar biasa paginya sudah mereda dan tadi sore tetiba telinga bagian kanan yg nyeri itu seperti tersumbat total dan mash terasa nyeri jg sampai sekarang, dan sempat beberapa waktu lalu ada cairan merah seperti darah mengalir sedikit dr telinga, gmn ya dok solusinya sempat rd sore saya ke IGD RS terdekat d anjurkan rawat jalan dan kontrol ke poli THT bsok pagi, kira" knapa ya dok ?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kemungkinan besar yang terjadi adalah suatu infeksi telinga tengah yang disebut Otitis Media Akut (OMA). Penyakit ini adalah penyakit akibat infeksi telinga tengah yang ditandai dengan nyeri telinga, kadang ada demam, dan bila memberat dapat berujung pada pecahnya gendang telinga sehingga mengeluarkan cairan. OMA umumnya didahului oleh infeksi saluran pernapasan, apakah sebelumnya Anda mengalami batuk, pilek atau nyeri tenggorokan?

Dalam fase telah keluarnya cairan yang menandakan kerusakan gendang telinga, maka langkah yang paling penting adalah menghilangkan kuman dengan mengonsumsi obat antikuman yang sesuai (perolehlah dengan resep dari dokter spagar tepat dan aman). Selain itu, daya tahan tubuh Anda juga mesti baik agar gendang telinga tersebut dapat sembuh dan menutup kembali. Tanpa penanganan yang adekuat, misalnya daya tahan tubuh rendah, tidak minum obat maka dapat terjadi OMSK (Otitis Media Supuratif Kronik). OMSK adalah infeksi kronik di telinga tengah dengan robeknya gendang telinga dan cairan yang keluar dari telinga tengah terus-menerus atau hilang timbul. Cairan dapat encer atau kental, bening atau berupa nanah.

Penyakit ini perlu segera ditangani dengan adekuat. Untuk itu kami sarankan agar Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk dilakuakn pemeriksaan langsung secara detail serta memperoleh obat yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar