Sukses

SIt Up Setelah Caesar

26 May 2017, 21:45 WIB
Wanita, 35 tahun.

Slmt mlm dok,sy ibu 2 anak,sy sudah 2x oprasi caesar,trakhir 1,5 th kmarin,sy ingin mngecilkan perut,bolehkah sy melakukan sit up? Trmksih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Sectio caesarea (SC) adalah merupakan suatu tindakan pembedahan untuk melahirkan janin dengan membuka dinding perut dan dinding rahim. Waktu penyembuhan yang diperlukan setelah operasi caesar bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka operasi dapat memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu. Untuk itu, seharusnya saat ini kondisi luka operasi Anda sudah tidak bermasalah.

Untuk mengembalikan bentuk tubuh semula, Anda dapat melakukan olah raga. Olah raga sebaiknya dilakukan bertahap setelah beberapa waktu dari proses penyembuhan yang berlangsung sempurna.

Hal ini ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada otot tubuh anda untuk beradaptasi terlebih dahulu. Olahraga dapat dimulai dengan melakukan olahraga aerobik, seperti jogging, bersepeda, dll yang memiliki intensitas ringan hingga sedang. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan otot terlebih dahulu. Untuk olahraga ketahanan seperti angkat beban dan alat-alat lain untuk mengencangkan otot-otot tubuh, misal otot perut, lakukanlah mulai dari intensitas ringan terlebih dahulu baru dinaikkan secara bertahap. Demikian juga dengan sit up, mulailah dengan intensitas ringan, setelah itu dinaikkan perlahan. Jangan terburu-buru dan terlalu memaksakan diri untuk mengembalikan bentuk tubuh Anda seperti semula. Memang merupakan suatu hal sulit untuk mengembalikan perut ke kondisi semula pasca melahirkan, karena itu diperlukan kesabaran dan latihan teratur untuk mengencangkan kembali otot perut Anda.

 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar