Sukses

Parkinson

27 May 2017, 00:37 WIB
Pria, 24 tahun.

Assalamualaikum dok saya mau tanya, apa makanan yang di anjurkan untuk meringankan penyakit parkinson? terimakasih

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan E-konsultasion Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran anda.

Prinsip pengobatan penyakit Parkinson adalah untuk mengontrol keluhan dan gejala penyakit selama mungkin dengan meminimalisir efek samping pengobatan. Saat ini belum ditemukan terapi maupun operasi yang dapat mengembalikan fungsi saraf tersebut. Penelitian dan studi medis masih terus dilanjutkan untuk menemukan penyebab dan terapi untuk Parkinson.

Nutrisi yang baik sangatlah penting, terutama bila pasien mengalami depresi atau mual akibat efek obat (terutama kelompok dopamine agonist), serta adanya bradykinesis yang mempersulit proses mengunyah / menelan makanan hingga selera makan hilang. Untuk gangguan tersebut sebaiknya berikan makanan lunak agar tidak perlu banyak mengunyah dan menambah makanan berserat seperti agar–agar yang dapat mengurangi obstipasi. Hingga kini belum ada vitamin atau suplemen yang bisa mengurangi gejala Parkinson. Anda dapat mencoba mengonsumsi buah-buahan seperti pisang, bluberi, stroberi dan plum.

Kami sarankan agar selalu rutin kontrol ke dokter spesialis saraf yang menanganinya agar dapat dilihat perjalanan penyakitnya dan evaluasi pengobatan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar