Sukses

Tambalan Gigi Hilang dan Tertelan

26 May 2017, 23:22 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dokter saya mau bertanya, beberapa jam yg lalu saya baru menambal gigi dok, tp setelah selesai makan tambalannya udh hilang. Sepertinya tertelan.. kira2 berbahaya ngga ya dok? Dan apakah besok saya harus ke dokter gigi lagi buat konfirmasi ini? Terimakasih sebelumnya :-)

Terimakasih telah bertanya mengenai tambalan gigi hilang dan tertelan melalui fitur Tanya Dokter.

Tambalan gigi baik sementara maupun permanen jika terlepas maka perlu segera ditambal kembali. Jika lubang gigi terbuka sisa makanan dan kotoran lain masuk bisa mengakibatkan infeksi dan bengkak.

Material untuk tambalan sementara tidak didisain untuk bertahan lama di dalam mulut, tidak seperti tambalan permanen yang biasa digunakan, karena bahan tambal tersebut hanya digunakan antar kunjungan bila perawatan tidak dapat diselesaikan dalam satu kali kunjungan. Kekerasannya jauh dibawah kekerasan bahan tambal permanen, salah satu tujuannya adalah supaya mudah dibongkar pada saat kunjungan berikutnya. Oleh karena itu dapat dipahami bila tambahan tersebut mudah lepas atau tergerus setelah beberapa lama digunakan berfungsi di dalam mulut.

Proses penambalan juga memegang peranan yang sangat penting terhadap keberhasilan tambalan jangka panjang. Terutama bila menggunakan tambalan sewarna gigi yang pengerasannya membutuhkan penyinaran, yaitu resin komposit. Tahap-tahap penambalan dengan resin komposit sangat sensitif, kesalahan dalam salah satu tahap dapat mempengaruhi ketahanan jangka panjang tambalan tersebut.

Jika tertelan tidak perlu terlalu khawatir, karena akan keluar melalui proses BAB.

Sebaiknya Anda segera kunjungi dokter gigi yang menambal gigi Anda agar tambalan yang lepas bisa segera diperbaiki.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai tambalan gigi hilang dan tertelan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar