Sukses

Penyebab Takut Tidur

26 May 2017, 23:21 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok sudah beberapa hari ini saya tidak bisa tidur karena takut terlebih apalagi ketika saya sehabis merasakan detak jantung saya yang tidak teratur dan sesak nafas walaupun hanya beberapa detik. Gejala seperti itu sudah saya alami beberapa kali. Kira-kira tes seperti apakah yang harus saya lakukan untuk mengetahui kondisi fisik saya?

Terima kasih telah bertanya tentang takut tidur melalui fitur Tanya Dokter. 

Sudah berapa lama Anda mengalami keluhan seperti ini? Apakah yang menyebabkan ketakutan Anda? Apakah Anda takut misalnya akan hantu, mimpi buruk atau Anda sedang mengalami masalah sehingga terus menerus memikirkan hal tersebut?

Keadaan sulit tidur, sulit mempertahankan tidur, sering terbangun ketika tidur, bangun tidur terlalu dini disebut dengan insomnia. Bisa bersifat sementara, jangka pendek (2-3 minggu), atau kronis. Faktor yang erat kaitannya dengan insomnia adalah penyakit, depresi, kecemasan (anxietas), stres, lingkungan yang menyulitkan tidur, kafein, alkohol, perokok berat, tidur siang, kebiasaan tidur terlalu dini atau menghabiskan waktu di tempat tidur ketika tidak ingin tidur. Bagaimana dengan Anda?

Anda perlu memperhatikan bagaimana pola tidur Anda. Cobalah untuk menciptakan suasana di kamar yang nyaman misalnya dengan menyetel suhu AC atau pendingin yang sejuk (tidak terlalu dingin atau tidak terlalu panas), lampu atau pencahayaan agak redup dan tidak terlalu terang atau mungkin Anda dapat memasang lagu klasik/lagu instrumental dan aromaterapi yang dapat membuat Anda menjadi rileks sehingga mengurangi ketakutan Anda akan tidur.

Selain itu, cobalah jauhkan hal-hal yang menganggu Anda untuk tidur misalnya: menonton TV, bermain game sebelum tidur, minum kopi, bermain gadget dan sebagainya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai takut tidur. Semoga bermanfaat. Salam. 

 

0 Komentar

Belum ada komentar