Sukses

Tangan Kaki Sulit Digerakkan Setelah Terjatuh

26 May 2017, 21:46 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat malam dok, sekitar 2 bulan yg lalu saya jatuh saat bermain basket. Lutut memar, dan agak nyeri saat berjalan. Sekarang memarnya sudah hilang dok, dan tidak nyeri saat berjalan, namun dilutut / bawah lutut, agak sedikit menonjol dok, seperti tulang menonjol, kalau bagian itu tertekan atau tertindih juga sakit dok (salah satu contoh : saat saya berlutut dan meninggalkan beban pada lutut tersebut, terasa cukup nyeri) Dan saat saya mencoba untuk squat lutut yg bekas memar itu agak sakit dok, dan ada sedikit bunyi sepertinya dok. Itu kenapa ya dok? Dan sudah 1 minggu ini, pergelangan tangan kanan saya juga sakit padahal tidak melakukan aktifitas yang dapat menimbulkan cidera dok (terutama saat saya memusatkan atau menahan beban pada tangan). Apakah mungkin salah satu efek dari saat saya jatuh bermain basket waktu itu dok?

Terima kasih telah bertanya tentang tangan dan kaki sulit digerakkan setelah terjatuh melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kesulitan menggerakkan tangan atau kaki setelah terjatuh dapat disebabkan oleh cedera otot, sendi, maupun syaraf. Bila sebelum terjatuh, pergerakan tangan dan kaki normal, maka kemungkinan terdapat kelainan pada 3 aspek ini.

Adakah rasa nyeri saat tangan dan kaki digerakkan? Adakah kemerahan pada sendi dan pembengkakan? Bila Ya, maka diagnosis mengarah pada kecurigaan dislokasi/ terlepasnya sendi penyambung kedua tulang. Bila tidak ada kelainan apa-apa, namun terdapat nyeri saat ditekan, kemungkinan terdapat cedera otot (myalgia). Bila penyebabnya adalah myalgi maka kemungkinan besar akan sembuh sendiri. Ataukah terdapat gejala kesemutan, baal, pada tangan dan kaki yang tidak dapat digerakkan? Bila ini gejala yang dirasakan maka kemungkinan mengarah pada gangguan syaraf. Wawancara yang mendetail disertai pemeriksaan fisik secara langsung dapat memastikan diagnosis.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tangan dan kaki sulit digerakkan .Semoga bermanfaat. Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar