Sukses

Vaginal Discharge

26 May 2017, 21:26 WIB
Wanita, 29 tahun.

Mengalami vaginal discharge. Berwarna kuning kehijauan, berair (encer) dan sedikit lengket. tidak disertai gatal. Hasil swab menyatakan negatif untuk diplococus gram negatif, negatif untuk candida. Hasil kultur negatif untuk bakteri aerob. Hasil test hanya menunjukkan intermediate BV. Tapi smua antibiotik tidak memberikan efek permanen. Sudah konsumsi antibiotik dari levoflaxacin, metronidazole (flagyl), doxycyclin, clindamycin. Juga me coba vaginal ovule flagylstatin, fluomizin, abothyl, canesten. Juga mengkonsumsi probiotic untuk mengembalikan jumlah lactobacili. Smua tidak memberikan kesembuhan permanen. Ultrasound menunjukkan smua normal. Apa yang salah? Apakah mungkin ada bakteri jenis mycoplasma? Dimana bisa melakukan test untuk bakteri mycoplasma?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan E-konsultasi Tanya Dokter di klikdokter.com

 

Halo, kami memahami kekhawatiran anda.

Dari data yang anda berikan memperlihatkan bahwa anda terinfeksi Vaginosis Bakterial (BV). BV timbul akibat perubahan kimiawi dan pertumbuhan berlebih dari bakteri anaerobik yang berkolonisasi di vagina. Gejala yang paling sering terjadi keputihan berwarna kuning hingga kehijauan disertai gatal, bau amis.

Penanganannya ialah dengan menggunakan antibiotik. Salah satunya adalah metronidazol. Metronidazol adalah antibiotik yang cukup baik untuk bakteri anaerob. Antibiotik harus digunakan atau dikonsumsi hingga tuntas sesuai anjuran dokter agar penyakit tuntas terobati.

Penggunaan obat-obatan yang anda sebutkan beserta dosisnya, apakah sudah sesuai anjuran dokter ? Jika sudah seusai aturan dokter, sebaiknya kembali kontrol ke dokter yang menangani Anda karena masih terdapat keluhan.

Selain itu, Penanganan lain yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kebersihan daerah vagina, yaitu dengan cara :

Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab
Menghindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat
Apabila ingin menggunakan panty liner pilihlah yang tidak mengandung pengharum dan tidak digunakan selama lebih dari 4-6 jam, lebih baik bila tidak menggunakan
Menghindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan
Bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang menggunakan handuk.
Menjaga kebersihan area genital sebelum dan sesudah melakukan hubungan seksual.

 

Mycoplasma merupakan salah satu bakteri berukuran sangat kecil penyebab radang pada serviks (servicits) dan pada saluran kemih (uretritis).

Pada umumnya gejalanya tidak khas, tetapi dapat memberikan gejala  : rasa terbakar saat berkemih, nyeri pada panggul, nyeri saat berhubungan seksual.

Untuk pemeriksaan mycoplasma belum umum dilakukan. Anda dapat menanyakan ke laboratorium terdekat.

Biasanya akan dilakukan pemeriksaan gram terlebih dahulu untuk menyingkirkan penyebab lain.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat

0 Komentar

Belum ada komentar