Sukses

Badan Ideal

26 May 2017, 21:44 WIB
Wanita, 13 tahun.

Assalamualaikum, Dok... Gimana supaya badan saya tinggi dan gak kurus atau gemuk?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah berkonsultasi dengan kami, 

Untuk mendapatkan berat badan ideal perlu diperhatikan beberapa hal, yaitu pola makan, pola istirahat dan pola olah raga Anda. Bagaimana dengan pola makan/istirahat/olah raga Anda selama ini? Anda masih bisa mengusahakan pertambahan berat badan menjadi ideal. Untuk tinggi badan, dipengaruhi usia. Pada usia tertentu tinggi badan tidak dapat bertambah lagi. Untuk itu, apabila Anda masih remaja, optimalkan asupan makanan Anda supaya memiliki tinggi optimal dan berat badan ideal.

Silahkan klik indeks massa tubuh (IMT) untuk mengetahui dengan cepat status IMT Anda saat ini. 

Berat badan tidak bertambah seringkali disebabkan karena konsumsi energi yang lebih rendah daripada kebutuhan. Hal tersebut mengakibatkan sebagian cadangan energi tubuh dalam bentuk lemak akan digunakan. Selain itu, seseorang yang termasuk dalam kategori kurus dapat juga disebabkan oleh beberapa penyakit tertentu, seperti infeksi kronis (misal TBC), penyakit hipertiroid, atau keganasan. Susu dengan kadar lemak yang tinggi memang dapat membantu menambah berat badan, namun yang paling baik adalah makan dengan gizi seimbang yang lebih banyak.

Sebaliknya, berat badan berlebih biasanya disebabkan konsumsi energi yang lebih tinggi daripada kebutuhan disertai kurangnya aktivitas fisik. Hal tersebut akan mengakibatkan tumpukan energi dalam bentuk lemak tubuh. 

Untuk mengetahui berapa banyak kalori atau energi yang Anda butuhkan, sehingga dapat disesuaikan dengan konsumsi makanan Anda, silakan gunakan tools Kalkulator Kalori pada website kami.

Pastikan Anda berolahraga teratur tiap minggu 4-5 kali selama 30 menit.

Semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar