Sukses

Gatal dan bintik merah

26 May 2017, 22:29 WIB
Pria, 21 tahun.

Gatal dan bintik merah di badan dan panas

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih telah bertanya seputar gatal and bintik merah ini melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kelainan kulit akan lebih baik jika didiagnosis melalui pemeriksaan langsung karena sulit bagi kami untuk menentukan diagnosis dengan informasi yang terbatas. Misal, diperlukan informasi seperti lokasi tepat, jenis lesi kulit, luasnya dan bentuknya, dan lain-lain.

Perlu diketahui bahwa bintik merah dan gatal hanya merupakan salah satu gejala dari berbagai macam diagnosa, yang harus dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik dan penunjang secara langsung. Bintik merah dan gatal yang Anda keluhkan dapat disebabkan oleh alergi, infeksi (jamur, virus, bakteri, parasit) atau sebab lain dimana pengobatan dari masing-masing diagnosa tentunya sangat berbeda. Jika memang karena alergi atau karena kondisi tubuh tertentu, memang tidak dapat hilang sepenuhnya karena mekanisme alergi memang akan selalu muncul selama hal-hal yang menyebabkan alergi tersebut mengenai orang bersangkutan. Yang perlu Anda ketahui adalah penyebab munculnya keluhan ini, kapan saja muncul, sehingga dapat dihindari dan dicegah. Apakah terdapat obat, kondisi atau benda tertentu yang mencetuskan timbulnya keluhan?

Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari. Yang diperlukan saat ini adalah menjaga kebersihan, dan perlu diusahakan agar daerah tidak mudah bergesekan (tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat). Sedangkan untuk penanganan medis, terdapat beberapa pilihan, sesuai dengan ukuran dari hiperpigmentasi dan lamanya bekas luka Anda sudah terjadi.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik langsung dan dapat diketahui Ujud Kelainan Kulit(UKK). Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan penanganan yang optimal, sesuai dengan diagnosis kondisi kesehatan Anda.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar keluhan anda ini. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar