Sukses

Perawatan Luka Operasi

26 May 2017, 21:44 WIB
Wanita, 17 tahun.

Permisi dok saya mau tanya, bulan januari lalu saya habis operasi dibagian leher sebelah kanan. Tetapi tidak dijahit, trus kata dokter harus dibersihkan setiap hari. Beberapa bulan terakhir saya sudah tidak membersihkan lagi dan sudah tidak diperban, itu bahaya gak dok??

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter,

Sebelumnya ada beberapa hal yang ingin kami tanyakan, jenis operasi apa yang Anda jalani? Apakah kelenjar getah bening? Apakah bekas luka operasi mengeluarkan cairan bening atau nanah? Apakah saat ini luka sudah mengering? Bagaimana daerah sekitar bekas luka operasi? Apakah kemerahan? Masihkan terasa nyeri?

Untuk mendukung proses penyembuhan luka operasi, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka operasi agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein (seperti pada putih telur dan ikan gabus), vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembap yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru.

Kami tidak menyarankan penggunaan obat-obatan yang tidak dikonsultasikan langsung dengan dokter yang merawat Anda. Apabila luka belum mengering, apalagi mengeluarkaan cairan dan nanah, sebaiknya Anda mengunjungi dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar