Sukses

Cemas saat presentasi

26 May 2017, 21:57 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat malan dok saya seoranf mahasiswa yang kadang melakukan preaentasi di depan teman teman saya. Tapi saya selalu gelisah dan semua jadi tak teratur dan tidak sesuai dengan apa yg telah di rencanakan. Saya sering panik di hadapan banyak orang apalagi jika mereka bertanya. Saya risih ketika banyak dipandang orang dan itu membuat saya gemetar dan kacau. Apalagi sebentar lagi saya akan menghadapi ujian teori berupa ujian lisan di depan beberapa dosen yang kurang lebih mereka dianggap killer. Saya bukan pesimis tp saya membayangkan bagaimana nantinya saya di depan mereka. Saya takut apa yg telah saya persiapkan jadi berantakan. Pertanyaannya apakah saya boleh mengkonsumsi obat untuk gangguan kecemasan dan apakah itu berdampak baik untuk saya mengatasi rasa cemas saya di depan orang banyak ? Terimakasih

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih telah bertanya seputar masalah cemas melalui fitur Tanya Dokter

Dari cerita yang anda ceritakan, bisa jadi anda menderita gangguan cemas. Rasa cemas berlebihan dapat mengganggu konsentrasi, kualitas hidup dan terutama mengganggu sistem imunitas tubuh sehingga mudah sakit. Perbedaan dengan penyakit sesungguhnya adalah pada gangguan cemas berlebihan, dari semua keluhan yang muncul, jika dilakukan pemeriksaan fisik maka tidak ditemukan kelainan apapun. Rasa cemas berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan emosional dan psikologis yang pada akhirnya dapat mempengaruhi secera keseluruhan derajat kesehatan seseorang secara fisik. Rasa cemas berlebihan tidak secara langsung disebabkan karena penyakit tertentu.Gangguan cemas dapat memberikan gejala berupa sesak napas, nyeri dada, jantung berdebar, keringat berlebih, dsb. Atau keluhan-keluhan lain yang bervariasi, dan terutama rasa cemas dan takut berlebihan terhadap sesuatu.

Gangguan cemas dapat diatasi dengan menenangkan diri. Sebaiknya konsultasikan ke dokter Anda mengenai perlu/tidaknya anda untuk minum obat.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar masalah cemas ini. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar