Sukses

Pertanyaan - #163956

26 May 2017, 21:44 WIB
Wanita, 17 tahun.

Selamat sore dok, saya perempuan usia 17thn. Sya dirawat karna penyakit asthma. Pada saat cairan infus diganti dgn antibiotik saya lihat selang infus saya tdk lancar dan terisi udara kira kira sekitar 15 cm lalu saya sempat shock pas tidur tiba tiba langsung terbangun dan batuk batuk. Udara yg masuk lumayan panjang dok, sya jadi hawatir. Gimana ya?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter,

Sebelumnya ada yang ingin kami tanyakan, apakah yang Anda maksud dengan shock? Apakah terjadi akral dingin dan penurunan tekanan darah? Atau yang Anda maksud adalah perasaan atau sensasi seperti terkejut?

Memang, udara yang disuntikkan ke dalam pembuluh darah vena dapat menjadi emboli udara vena. Emboli udara tersebut akan terbawa aliran darah, masuk ke dalam ruang serambi dan bilik kanan jantung. Dari sana, emboli tersebut dapat terbawa terus ke pembuluh darah arteri paru sehingga mengganggu pertukaran gas di sana, menyebabkan gangguan irama jantung, hipertensi pembuluh darah paru, dan bahkan gagal jantung serta henti jantung. Jika emboli yang ada besar, emboli tersebut dapat menyebabkan sumbatan pada serambi serta bilik jantung, sehingga terjadi obstruksi aliran darah sehingga darah yang dipompa jantung pun berkurang.

Walaupun demikian, literatur menyebutkan bahwa untuk menimbulkan komplikasi berat, jumlah udara yang masuk harus banyak, henti jantung dilaporkan terjadi sewaktu udara sebanyak 20 ml tidak sengaja masuk ke dalam pembuluh darah vena (20 ml sama dengan isi udara dalam satu selang infus). Apa yang terjadi pada Anda, dari keterangan yang Anda berikan, jumlah udara walaupun terlihat panjang, namun tidak sampai 20 ml, karena 20 ml merupakan isi udara sepanjang selang infus, sehingga kondisi ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar