Sukses

Kembung dan sakit perut

26 May 2017, 21:37 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok mau nanya,, saya sering kali kembung dan sakit perut... trus siap makan langsung mau bab,,, itu gmn dok .. apa solusinya.. trus penyakit apa saya dok... mohon jawabannya dok. Thanks

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih telah bertanya seputar keluhan anda ini melalui fitur Tanya Dokter.

Keluhan yang Anda berikan menggambarkan adanya gangguan di saluran pencernaan. Tidak terlalu spesifik untuk menunjukkan suatu penyakit tertentu. Harus dilakukan pemeriksaan fisik dan anamnesis atau wawancara riwayat penyakit lebih dalam lagi, seperti sejak kapan keluhan ini Anda rasakan, pola makan Anda, kebiasaan Anda (merokok, kopi, alkohol), apakah nyeri perut dan kembung berhubungan dengan makanan, berapa kali Anda BAB dalam sehari, apakah BAB Anda berwarna hitam, dan beberapa pertanyaan lagi untuk lebih menyempitkan diagnosis atau penyebab dari keluhan Anda.

Apabila Anda memang tidak mengalami perubahan atau keluhan Anda tidak berkurang setelah berobat ke dokter internist (dokter pertama kali), maka kontrol kembali ke dokter tersebut agar dapat diambil tindakan lebih lanjut, mungkin dengan tambahan pemeriksaan penunjang untuk menegakkan diagnosis.

Obat yang diberikan baik dari internis maupun dari dokter umum memang merupakan indikasi untuk gangguan pencernaan. Apabila dengan obat tersebut belum ada perbaikan, maka mungkin dapat dicurigai terjadi perlukaan di pencernaan Anda atau gangguan ini melibatkan infeksi bakteri sehingga harus diberi antibiotik. Kami sarankan untuk berkonsultasi kembali secara langsung ke dokter Anda.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar keluhan yang anda alami ini. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar