Sukses

Bentol pada kulit dan kondisi asma

26 May 2017, 21:33 WIB
Pria, 16 tahun.

Assalamualaikum dok, saya siti lutfy umur saya 16 tahun kelas 1 sma. Saya penderita asma. Saya sudah sering di nebu beberapa kali. 2 tahun yang lalu setelah di mebu ada bentol bentol merah, tetapi terasa dalam kulit. Diluar kulit hanya ada warna merahnya saja. Sudah hampir seminggu sekarang ini bentol bentol itu terasa nyeri hingga ke tulabg pergelangan kaki. Bahkan sekarang ada satu bentol lagi di lengan. Dan sama terasa nyeri. Itu tanda apa dok? Dan bagaimana cara mengobatinya. Terimakasih

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih telah bertanya seputar alergi pada kulit melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda mengenai asma dan bentol pada kulit, keduanya terjadi karena adanya reaksi alergi. Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan. Gejala alergi macam-macam, bisa berupa kelainan kulit (kemerahan, gatal, bentol, iritasi), sesak napas, keluar lendir dari hidung, dan sebagainya.

Kendati alergi bersifat genetik, seseorang tetap memiliki risiko alergi sebesar 5-15 persen tanpa mempertimbangkan ada atau tidaknya riwayat alergi pada orangtua penderita. Mengingat banyaknya alergen di luar riwayat keluarga (genetik), hendaknya Anda memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi, seperti jenis makanan, kondisi udara, atau faktor pemicu lainnya.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya.

Pada kasus Anda, Anda harus mengetahui pencetus alergi dalam diri Anda, baik dari makanan, udara atau debu. Mengatasi alergi pertama kali dapat menggunakan obat antihistamin. Meskipun antihistamin tidak bisa menyembuhkan gejala-gejala alergi, obat ini bisa menghambat efek histamin dan mengurangi gejala-gejala yang anak Anda alami. Antihistamin membantu meredakan gejala-gejala di saluran pernapasan, kulit dan mata.

Antihistamin akan bekerja lebih baik jika digunakan sebelum merasakan gejala-gejala alergi. Jika digunakan secara teratur, antihistamin bisa membentuk perlindungan dalam darah untuk melawan alergen dan pelepasan histamin. Tapi, jangan lupa berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya. Cara memberantas alergi dapat dilakukan dengan dua cara, yakni dengan menghindari paparannya atau dengan terapi sensitisasi.

Kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis penyakit dalam (subspesialis alergi imunologi) untuk mengetahui lebih dalam pencetus dan penanganan pada Anda.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar alergi pada kuit ini, semoga bermanfaat.
Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar