Sukses

Cara Membersihkan Kotoran Telinga

26 May 2017, 21:23 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok saya mau tanya ,, Kotoran telinga saya kering gimana cara membersihkannya ?? 1. Biasanya saya pakai pita kecil, aman apa gak? 2. Saya juga pernah pakai kayak lilin yang dinyalakan lalu di taruh telinga, ini aman apa gak?? Makasih sebelumnya

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Cara Membersihkan Kotoran Telinga melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kotoran telinga atau dalam istilah medis sering kali disebut serumen, sejatinya berfungsi untuk menangkap debu dan atau partikel kecil lainnya, yang memiliki potensi merusak serta menyebabkan infeksi di dalam telinga. Serumen pelindung telinga ini diproduksi oleh kelenjar yang berada di dalam liang telinga.

Perlu dipahami bahwa telinga sebenarnya mempunyai mekanisme pembersihan secara otomatis, oleh karenanya apabila tidak terjadi sumbatan karena kotoran telinga, organ pendengaran ini pun tidak harus dibersihkan.

Adapun tindakan yang dapat Anda lakukan secara mandiri di rumah adalah pembersihan menggunakan kain bersih berbahan halus, tanpa memaksa daya jangkau pembersihan dengan menggunakan cotton bud. Penggunaan cotton bud (atau alat lainnya yang biasa terbuat dari metal), secara mandiri dapat memperburuk keadaan, karena alat ini dapat mendorong serumen untuk masuk lebih dalam di liang telinga serta menyebabkan cedera pada gendang telinga.

Cara terbaik untuk membersihkan kotoran telinga adalah mengunjungi Dokter Spesialis THT, terutama apabila Anda memiliki jenis kotoran yang menggumpal, yang dapat menurunkan kualitas pendengaran dengan cara menyumbat liang telinga. Dokter pun akan memilih terapi sesuai dengan jenis serumen. Ada kalanya Dokter akan memberikan cairan pelunak serumen dan kotoran pun akan keluar secara spontan dari liang telinga. Cara lain, Dokter juga dapat melakukan irigasi dengan "membilas" telinga, yang sebelumnya sudah ditetesi dengan pelunak serumen, dengan air hangat. Kontraindikasi dari tindakan ini adalah adanya lubang di gendang telinga. Serumen pun juga dapat diangkat dengan menggunakan alat khusus apabila dirasa perlu.

Hindari pula tindakan pembersihan telinga dengan metode ear wax atau lilin yang banyak ditemui di pasaran. Hingga saat ini, efektivitas dan keamanan dari prosedur ear wax belum terbukti secara klinis. Termasuk penggunaan pita yang Anda sebutkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Membersihkan Kotoran Telinga. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar