Sukses

Sering Demam

26 May 2017, 21:18 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok, anak saya ,laki2,13th, kok sering bgt ya sakit panas selama bbrp hr, sebulan bisa 2-3x. Apakah itu suatu gejala penyakit tertentu?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Sering Demam melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Demam pada anak merupakan hal yang paling sering dikeluhkan oleh orangtua, mulai di ruang praktek dokter sampai ke unit gawat darurat (UGD) anak, meliputi 10-30% dari jumlah kunjungan.

Padahal, sebagian besar anak-anak mengalami demam sebagai respon terhadap infeksi virus yang bersifat self limited dan berlangsung tidak lebih dari 3 hari atau infeksi bakteri yang tidak memerlukan perawatan di rumah sakit.

Suhu normal manusia adalah sekitar 36,5-37,5 oC. Seseorang dikatakan demam jika suhu tubuh melebihi 37,5 oC. Anda boleh menurunkan demam dengan obat penurun panas. Apabila suhu anak Anda sudah mencapai 39 oC, maka Anda harus waspada karena pada suhu ini anak Anda mengalami demam tinggi yang dapat berisiko terjadinya kejang.

Untuk mengatasi demam tanpa bantuan obat, Anda dapat melakukan beberapa tindakan seperti berikut ini:

Bila anak tetap makan, minum, dan bermain seperti biasa, kemungkinan dia tidak membutuhkan obat penurun panas
Pakaikan baju yang tipis atau hanya pakaian dalam, sehingga anak akan melepaskan panas lewat kulitnya
Kompres anak dengan menggunakan air hangat pada dahi, leher, ketiak, dan dada. Jangan biarkan kompres mengering di badan anak. Angkatlah kompres ketika setengah kering, celup kembali di air hangat, peras, kemudian letakkan di badan anak
Hindari menggunakan alkohol sebagai kompres anak. Alkohol dapat menyebabkan kehilangan panas terlalu cepat, sehingga menyebabkan keracunan alkohol
Tutupi anak dengan selimut tipis apabila anak kedinginan atau menggigil
Istirahatkan anak karena aktivitas dapat meningkatkan demam
Berikan anak cairan ekstra seperti air, jus, dan susu

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Sering Demam. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar