Sukses

Penggunaan Retinol

26 May 2017, 21:01 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat malam dok.. Mau tnya sya sudah pake retinol hampir 4 minggu.. Tpi masuk minggu keempat ketika bangun pagi kulit wajah sya terasa kasar,gatal,perih jika terkena air dan berbintik merah dok.. Apakah itu alergi dok.. ? Dan bagaimana cara mengatasinya ??? Terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Penggunaan Retinol melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Retinol mengandung retinoid acid. Retinoic Acid atau tretinoin merupakan turunan dari Vitamin A yang banyak digunakan untuk mengobati acne vulgaris (jerawat) dengan mengurangi komedo dan peradangan.

Efek samping dari retinoic acid berupa eritema (kemerahan), peeling (kulit mengelupas), kulit kering, fotosensitivitas (peka terhadap cahaya matahari), perubahan warna kulit (hipopigmentasi/hiperpigmentasi), bengkak, dan alergi seperti yang Anda alami. Retionic acid dapat mengurangi produksi sebum (kelenjar minyak) pada kulit sehingga dapat membuat kulit dan bibir menjadi kering.

Kontraindikasi obat ini adalah orang yang memiliki hipersensitivitas terhadap retinoic acid. Hindari penggunaan obat ini di daerah sekitar mata, mulut, dan sudut hidung. Obat ini tersedia dalam bentuk oral/tablet, cream atau gel. Sediaan oral hanya digunakan pada kasus acne vulgaris berat.

Cream retinoic acid digunakan hanya pada malam hari, oleskan 1-2 jam sebelum tidur untuk memberikan waktu kepada kulit menyerap obat tersebut dan menghindari cream menempel pada bantal. Gunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih dan pelembab pada pagi harinya untuk mengurangi efek samping. Untuk memastikannya kami menganjurkan agar Anda memeriksakan diri ke dokter. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penggunaan Retinol. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar