Sukses

Gigi Geraham Goyang dan Sakit Membuat Sulit Mengunyah

26 May 2017, 20:40 WIB
Pria, 51 tahun.

Selamat malam dok, saya pria usia 51 tahun. Sudah 2 minggu ini gigi geraham atas sebelah kanan saya goyang tetapi saya merasakan sakit luar biasa. Saya sudah coba ke dokter namun hanya diberi obat paracetamol dan amoxilin. Saya juga menderita hipertensi. Bagaimana solusinya dok? Karna saya jadi susah makan karna setiap gigi saya tersenggol rasanya sakit sekali. Terima kasih untuk jawabannya dok.

Terimakasih telah bertanya tentang gigi geraham goyang dan sakit membuat sulit mengunyah melalui fitur Tanya Dokter.

Faktor usia memang berpengaruh terhadap kondisi gigi, di mana gigi dan jaringan pendukungnya juga mendapat imbas dari proses penuaan(aging). Untuk dapat menanganinya agar anda bisa makan kembali dengan normal, maka harus diketahui dulu penyebab goyangnya gigi tersebut.

Gigi yang goyang biasanya disebabkan karena tulang dan jaringan pendukung gigi tersebut rusak. Kerusakan ini utamanya disebabkan karena banyaknya karang gigi di sekitar gigi sehingga menjadi tempat perlekatan bakteri. Gigi masih bisa kembali seperti semula, tergantung derajat keparahan kegoyangan gigi dan kerusakan tulang. Tentunya harus dilakukan perawatan-perawatan yang meliputi pembersihan karang gigi, kuretase, dan penghalusan akar,supaya tulang bisa pulih kembali. Lalu jika perlu dibuatkan "splinting" yaitu gigi tersebut "diikat" ke gigi tetangganya yang kondisinya masih baik supaya meminimalkan kegoyangan gigi saat sedang mengunyah. 

Kegoyangan gigi juga dapat disebabkan karena penyakit sistemik, misalnya diabetes (kencing manis). Penderita diabetes biasanya lebih rentan untuk mengalami kerusakan tulang dan karies. Kondisi akan lebih parah bila penyakit tidak terkontrol. Kami sarankan Anda segera konsultasi ke dokter gigi atau ke dokter gigi spesialis periodonti (drg. Sp.Perio) agar dapat ditangani segera. Jaga kebersihan gigi dan mulut untuk tindakan pencegahan. Sementara menunggu ke dokter gigi usahakan untuk mengunyah di sisi satunya. Kurangi makanan yang banyak serat karena akan memerlukan banyak gerakan pengunyahan. Obat yang mengandung paracetamol dan asam mefenamat bisa dilanjutkan. Obat antibiotik yang mengandung amoksilin bila sudah lebih dari 3 hari namun keluhan tidak berkurang maka bisa dihentikan. 

Yang sangat penting untuk diperhatikan adalah minum obat saja tanpa ada tindakan dan perawatan gigi tidak akan bisa menyembuhkan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi geraham goyang dan sakit membuat sulit mengunyah, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar