Sukses

Penyembuhan Pasca Operasi Patah Tulang

26 May 2017, 20:50 WIB
Pria, 23 tahun.

dok saya pasien yg mengalami patah tulang paha kiri,6 bulan yang lalu saya operasi pasang pen,waktu belajar berjalan saya memaksakan untuk berjalan tanpa tongkat dan 2 minggu yg lalu saya operasi ulang karena yang dulu gagal menyambung karena retak kembali,pertanyaan saya bagaimana tahap latihan berjalan saya pasca operasi yang ke 2 ini,apakah akan lebih lama sembuhnya dok,trimakasih...

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Penyembuhan Pasca Operasi Patah Tulang melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Lama penyembuhan patah tulang biasanya memakan waktu 6-12 bulan. Namun secara keseluruhan waktu penyembuhannya bervariasi, bergantung pada jenis patah tulang (terbuka atau tertutup), pola kepatahan, lokasi, derajat kerusakan dan pendarahannya.

Proses penyembuhan patah tulang dapat dibantu dengan asupan nutrisi yang tepat dengan makanan bergizi secara seimbang yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, serta mineral yang cukup untuk membentuk kembali jaringan yang rusak, dimana kandungan gizi ini tidak hanya terdapat pada ikan gabus saja, namun juga sumber nutrisi yang lain. Penambahan suplemen kalsium, vitamin D dan vitamin C secukupnya juga diperlukan. Kalsium berperan dalam pembentukan tulang, vitamin D membantu penyerapan kalsium secara maksimal, sedangkan Vitamin C membantu produksi kolagen yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan tulang. Sebaiknya hindari aktifitas atau gerakan yang memberikan beban terhadap tulang yang patah. Lakukan latihan atau rehabilitasi untuk menambah kekuatan otot dan mempercepat penyembuhan.

Mengenai jenis latihannya, Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penyembuhan Pasca Operasi Patah Tulang. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar