Sukses

Mitos Pertanda Akan Hamil Anak Perempuan

26 May 2017, 19:02 WIB
Wanita, 26 tahun.

Apa benar saat sedang hamil lebih suka buah2an pertanda anak nya perempuan?

Terima kasih telah bertanya seputar mitos tanda-tanda mempunyai bayi perempuan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu menjawab pertanyaan seputar masalah kesehatan Anda.

Secara ilmiah laki-laki memiliki kromosom seks jenis X dan Y. Sedangkan perempuan memiliki dua kromosom seks yang sama, yaitu X dan X. Sehingga bila dalam hubungan intim, sperma X yang membuahi sel telur maka terjadilah pertemuan kromosom X dengan X, sehingga yang didapat adalah bayi perempuan. Sedangkan, jika sperma Y yang membuahi sel telur, maka terjadilah pertemuan antara kromosom X dan Y, dan didapat bayi laki-laki.

 

Mitos atau Fakta?

Banyak mitos yang sering beredar mengenai tanda-tanda apakah seorang ibu hamil akan melahirkan bayi laki-laki atau perempuan. Faktanya belum ada riset yang menghubungkan antara konsumsi buah dengan kelahiran bayi perempuan, tetapi mengkonsumsi buah-buahan saat hamil dapat menambah kepintaran bayi Anda. Menurut sebuah riset pada tahun 2016 di EBioMedicine, ditemukan bahwa peningkatan konsumsi buah-buahan pada kehamilan dapat meningkatkan kognitif bayi Anda. Hal yang sama juga ditemukan dengan mengkonsumsi ikan saat hamil. Sehingga konsumsi buah-buahan dan ikan tetap disarankan untuk meningkatkan kognitif bayi Anda.

Mitos tanda-tanda mempunyai bayi perempuan lainnya adalah semakin sering mual muntah saat hamil muda, atau morning sickness. Mitos ini dapat mendekati kebenaran karena faktanya hormon kehamilan hCG yang menimbulkan morning sickness ditemukan lebih banyak pada ibu yang hamil dengan bayi perempuan. Tetapi ibu hamil dengan bayi laki-laki pun juga bisa mengalami mual muntah pada hamil muda, bahkan yang hebat. Sehingga hubungan morning sickness sebagai penentu bayi perempuan juga bukan faktor yang pasti. 

Tentu banyak mitos tanda-tanda mempunyai bayi perempuan lainnya yang beredar di masyarakat, tetapi sampai sekarang belum ada studi yang menyatakan secara pasti gejala ibu hamil yang akan melahirkan bayi perempuan. 

 

Cara

Bila menginginkan bayi perempuan maka bisa ditempuh dengan cara alami maupun dengan bantuan alat bayi tabung. Secara alami yang bisa dilakukan adalah untuk berhubungan seksual sebelum masa ovulasi atau keluarnya sel telur dari indung telur. Ovulasi terjadi 14 hari sebelum hari pertama haid berikutnya plus minus 1 hari. Hal ini disebabkan karena sel sperma yang mengangkut genetik-Y (laki-laki) dapat berenang lebih cepat menuju sel telur namun tidak dapat bertahan lama di dalam saluran reproduksi wanita. Berbeda dengan sel sperma yang mengangkut genetik-X (perempuan) yang berenang lebih lambat namun mampu bertahan lebih lama di dalam saluran reproduksi wanita. Saran ini tetap bukan cara yang pasti akan menghasilkan bayi perempuan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai mitos tanda-tanda mempunyai bayi perempuan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar