Sukses

Ingin Pasang Kawat Gigi Tapi Ada Gigi Yang Terpendam Dalam Tulang

26 May 2017, 20:19 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok rahang saya berbunyi kalau saya membuka mulut atau menguap, saya sudah bertanya ke dokter gigi tapi belum melakukan pemeriksaan lebig lanjut katanya harus pasang kawat karena memang gigi saya tidak rata, tetapi ada gigi saya yang tertanam dalam gusi, gigi taring sebelah kanan saya tidak tumbuh keluar, dan katanya itu harus diangkat dengan operasi. Adakah jalan lain selain operasi? Lalu bagaimana kira kira kalau saya tetap memasang kawat saja tanpa mengangkat gigi saya yang tidak keluar?

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih telah bertanya tentang ingin pasang kawat gigi tapi ada gigi yang terpendam dalam tulang melalui fitur Tanya Dokter.

Bisa saja anda tetap memasang kawat gigi tanpa mengangkat gigi taring yang tertanam dalam tulang (impaksi). Namun ada kemungkinan 50-50 bahwa gigi tersebut akan menghalangi pergerakan gigi-gigi lainnya dan menghambat jalannya perawatan kawat gigi. Walaupun sudah dilihat melalui rontgen tetap saja tidak bisa dipastikan bahwa gigi tersebut akan menghalangi atau tidak. Asalkan pasien sudah mengetahui dan menyetujui konsekuensinya dalam informed consent, kami rasa dokter gigi akan tetap memperbolehkan pemasangan kawat gigi. Pada pengalaman praktek pribadi, saya pernah memasang kawat gigi dengan kasus gigi seri tertanam dalam tulang, namun setelah perawatan berjalan beberapa bulan ternyata gigi yang tertanam tersebut tidak menghalangi jalannya gigi-gigi lainnya. Sehingga perawatan kawat gigipun saya teruskan. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai ingin pasang kawat gigi tapi ada gigi yang terpendam dalam tulang, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar