Sukses

Pemberian Madu Pada Bayi

26 May 2017, 18:20 WIB
Pria, 32 tahun.

Mau tny apakah bayi usia 4bulan lebih boleh dikasih minum madu campur dgn air 30ml

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Pemberian Madu Pada Bayi melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Madu adalah cairan kental dan manis yang dihasilkan oleh lebah melalui nektar dari bunga. Rasa manis pada madu berasal dari monosakarida fruktosa dan glukosa yang sama dengan pemanis yang terdapat pada gula.  

Pada usia dibawah 1 tahun memang disarankan tidak mengkonsumsi madu untuk mencegah terjadinya kontaminasi dengan toksin botulisme dan terjadi penyakit botulisme. Hal ini dikarenakan sistem pencernaannya belum sempurna, sehingga jika madu yang dikonsumsi oleh anak Anda kebetulan mengandung spora Clostridium Botulisme,maka spora tersebut akan masuk ke dalam pencernaan dan kemungkinan tidak mampu dimatikan oleh asam yang dihasilkan di dalam lambung seperti pada pencernaan anak diatas 1 tahun dan orang dewasa. Akan tetapi jika Anda sudah pernah memberikan kepada anak Anda dan tidak muncul gejala penyakit botulinum maka tidak perlu dikhawatirkan, Anda tidak perlu melakukan apa-apa dan tidak perlu memberikan obat. Madu yang telah dikonsumsi oeh anak Anda berarti kemungkinan tidak mengandung spora Clostridium Botulisme.

Penyakit botulisme akan terjadi ketika muncul gejala seperti dibawah ini, gejala akan muncul 18 – 36 jam setelah toksin masuk (setelah mengkonsumsi madu).

· Bayi akan terkulai dan mengalami kelumpuhan dikarenakan kelemahan otot dan saraf

· Kesulitan dalam menghisap saat menyusui atau minum dari botol susu

· Rewel

· Tangisan yang melemah

· Susah BAB

· Keluar air liur dikarenakan susah menelan

· Kelopak mata bayi yang sayu

Jika salah satu dari gejala diatas tidak terjadi pada anak Anda, maka tidak perlu khawatir. Pencegahan lebih baik daripada mengobati.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Pemberian Madu Pada Bayi. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar