Sukses

Mengatasi Kecanduan Obat Penenang

26 May 2017, 10:18 WIB
Pria, 17 tahun.

Cara menghilangkan kecandu obat exsimer

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai kecanduan obat penenang melalui fitur Tanya Dokter.

Obat yang Anda konsumsi adalah jenis obat yang mempunyai kandungan utama berupa CPZ (Chorpromazine) yang berperan sebagai obat penenang. 

Efek samping yang ditimbulkan, diantaranya adalah pusing, mual, muntah, penglihatan menjadi kabur, jantung berdetak lebih cepat, gemetar, rasa kantuk yang berlebihan dan lain sebagainya. Jika dikonsumsi dalam dosis yang berlebihan akan menyebabkan kecanduan, keracunan, over dosis hingga kematian.

Oleh karena itu, jangan mencoba-coba untuk mengkonsumsi obat Exsimer / Eksimer apabila tanpa anjuran dari dokter atau tanpa resep dokter. Jika disalah gunakan oleh pemakainya, obat yang awalnya berguna untuk menyembuhkan justru akan menimbulkan dampak yang sebaliknya, yaitu dapat mempengaruhi kesehatan tubuh hingga kematian karena mempunyai sifat yang berbahaya.

Sebenarnya jika digunakan dengan tepat, obat ini berguna untuk mengatasi pasien yang menderita penyakit gangguan jiwa namun harus tetap disesuaikan dengan anjuran dosis yang disarankan oleh dokter. Penting juga untuk berkonsultasi atau bertanya dengan dokter dan ahli farmasi, jika ingin mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu agar terhindar dari masalah-masalah yang tidak diinginkan sebelumnya.

Bila saat ini anda telah ketergantungan, maka perlu diperhatikan beberapa hal: dibutuhkan komitmen keinginan kuat untuk menghentikan pemakaiannya, dan perlu ketahanan diri dalam mengatasi ketidaknyamanan yang mungkin muncul karena putus obat. Selain itu dukungan dari lingkungan sekitar juga penting untuk membantu mengatasi ketergantungan obat. Untuk itu kami sarankan Anda mengonsultasikan hal ini ke dokter spesialis psikiatri untuk tata laksana yang tepat dan terarah.

Demikian informasi ini dapat kami sampaikan mengenai kecanduan obat penenang, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar