Sukses

Mengobati Mata Merah

26 May 2017, 13:17 WIB
Pria, 13 tahun.

Pak dokter,saya nanya.Kenapa mata saya merah tapi ada kotoranya,apa yang dapat saya lakukan untuk menyehatkan mata saya ?

Terima kasih telah bertanya tentang mata merah melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Namun ada beberapa hal yang masih perlu kami tanyakan terkait keluhan mata merah tersebut. Sejak kapan keluhan tersebut Anda rasakan? Adakah penurunan tajam penglihatan? Apakah ada rasa berpasir atau ada yang mengganjal saat Anda berkedip? Adakah kotoran mata berwarna kuning kehijauan? 

Mata merah tanpa adanya penurunan visum/tajam penglihatan biasanya disebabkan karena konjungtivitis. Konjungtivitis adalah radang konjungtiva yang dapat disebabkan oleh mikroorganisme (virus, bakteri), iritasi atau reaksi alergi. Konjungtivitis ditularkan melalui kontak langsung dengan sumber infeksi. Penyakit ini dapat menyerang semua umur.

Pasien datang dengan keluhan mata merah, rasa mengganjal, gatal dan berair, kadang disertai sekret. Faktor resikonya adalah daya tahan tubuh yang menurun, Adanya riwayat Alergi, Penggunaan kontak lens dengan perawatan yang tidak baik, Higiene personal yang buruk.

Konjungtivitis dibedakan berdasarkan penyebabnya;

  • Konjungtivitis bakterial. Gejala; mata merah, kotoran mata kental warna putih-kekuningan, selaput semu pada kelopak mata.
  • Konjungtivitis viral. Gejala; Mata merah, kotoran mata cair berwarna bening, disertai pembesaran kelenjar getah bening disekitar telinga.
  • Konjungtivitis alergi. Gejala; Mata merah, riwayat atopi atau alergi, dan keluhan gatal.

Pengobatannya:

  • Usahakan untuk tidak menyentuh mata yang sehat sesudah menangani mata yang sakit
  • Kotoran mata dibersihkan.
  • Pemberian obat mata topikal, sesuai dengan penyebabnya
  • Konjungtivitis mudah menular, karena itu sebelum dan sesudah membersihkan atau mengoleskan obat, penderita harus mencuci tangannya bersih-bersih. Jangan menggunakan handuk atau lap bersama-sama dengan penghuni rumah lainnya. Menjaga kebersihan lingkungan rumah dan sekitar.

Kami sarankan untuk tidak mengobati diri sendiri dengan membeli obat warung tanpa saran dari dokter. Segerahlah berobat, Anda dapat datang ke dokter umum. Bila dalam 1 minggu tidak ada perbaikan, dokter akan merujuk Anda pada dokter spesialis Mata, untuk dicari kemungkinan adanya komplikasi yang sudah terjadi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai mata merah. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar