Sukses

Gejala Sinusitis

26 May 2017, 14:59 WIB
Pria, 21 tahun.

saya akhir akhir ini sering flu, dan kembali baik dengan jangka waktu yang lama, hampir 2 minggu. saat ini saya terkena flu lagi namun flu ini agak berbeda karna disertai batuk, rahang sakit yang menyebabkan kuping dan kepala ikut sakit juga. saya mau bertanya apakah ini gejala sinus atau bukan

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Gejala Sinusitis melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan rongga sinus pada tulang-tulang wajah yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat memblok lubang sinus. Sebagai akibatnya:

Terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus
Kurangnya oksigen
Penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

Gejala sinusitis dapat dirasakan sebagai sumbatan hidung, gangguan penghidu, nyeri kepala, nyeri wajah terutama bagian sinus yang terkena, hidung seperti pilek, terasa cairan sinus melewati kerongkongan, demam, lemas, sakit gigi, dsb.

Berdasarkan waktu dan gejala yang ditimbulkan, sinusitis dibagi menjadi:

Sinusitis akut : gejala dirasakan hingga 4 minggu
Sinusitis subakut : 4-8 minggu periode bergejala, beberapa sumber menyebutkan 4-12 minggu
Sinusitis kronik : > 8 minggu periode bergejala, beberapa sumber menyebutkan > 12 minggu
Sinusitis kronik eksaserbasi akut (gejala akut timbul berulang)

Pada kasus infeksi, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik. Bagaimanapun, pada kasus sinusitis akibat alergi, pengobatan medis hanya dapat membantu Anda mengurangi gejalanya, bukan menghilangkan faktor penyebabnya (alergi). Yang harus dilakukan pada kasus alergi adalah menghindari pemicunya.

Dalam perjalanannya, apabila sinusitis tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis juga dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus yang terkena, mata, otak, dan paru. Namun keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal. Terapi pembedahan (operasi) jarang diperlukan kecuali telah terjadi komplikasi ke organ sekitar sinus.

Jika Anda curiga menderita sinusitis, yang dapat Anda lakukan adalah memeriksakan ke dokter THT untuk mengetahui penyebab dari sinusitis Anda dan mendapatkan pengobatan dan penanganan yang sesuai. Apakah terdapat sumbatan/obstruksi mekanik seperti kelainan bentuk pada daerah hidung ataukah murni karena alergi. Jika ditemukan adanya sumbatan/obstruksi mekanik, maka harus diperbaiki kelainannya. Sedangkan jika memang dicetuskan oleh alergi, maka hindari hal-hal yang menyebabkan alergi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Gejala Sinusitis. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar