Sukses

Nyeri Saat Ovulasi

26 May 2017, 14:53 WIB
Wanita, 24 tahun.

Pagi dok.. Sy oky, sy sedang mengalami ovulasi yg sakitnya yg bnr2 bikin aduh2an dibagian perut bawah dok, yg mau sy tanyain kalau lagi tahap ovulasi dan sy berhubungan semalaman saja, apa bisa terjadi kehamilan dok?? Dan perut sakit d saat ovulasi terjadi sampai berapa lama ya dok, karna sy baru kali pertama ngerasain tahap ovulasi seperti ini??? Mohon jawabannya dokter, dan terimakasih ..

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Nyeri Saat Ovulasi melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Satu dari lima wanita memang mengalami nyeri pada saat ovulasi tiap bulannya—dan sekitar separuh dari populasi wanita pasti pernah mengalami nyeri ovulasi setidaknya satu kali dalam seumur hidupnya.

Nyeri ovulasi secara klinis dikenal dengan istilah dari bahasa Jerman, “Mittelschmerz” yang artinya nyeri bagian tengah.

Nyeri yang dirasa saat ovulasi berbeda bagi tiap wanita. Beberapa wanita mengeluhkan nyeri yang terasa di perut bawah atau pelvis yang mirip dengan kram perut saat haid. Durasi nyeri terasa satu hingga dua jam, atau pada beberapa kasus, bisa bertahan hingga dua hari. Banyak juga wanita yang rutin mengalami nyeri pada tengah perut yang berdurasi beberapa detik saja sepanjang siklus.

Tetapi umumnya nyeri ini bersifat ringan dan tidak sampai mengganggu aktivitas. Bila nyeri ini intensitasnya sudah berat hingga mengganggu keseharian, perlu ditelusuri lebih lanjut. Ada banyak penyebab sakit di area perut. Jika nyeri yang terasa tidak seperti biasanya, durasinya lebih panjang, atau Anda punya kekhawatiran sendiri, segeralah berkonsultasi dengan dokter, khususnya jika Anda mengalami:

Suhu tubuh meningkat 1?C di atas suhu normal dan kondisi ini bertahan lebih dari satu jam
Pusing atau ingin pingsan
Perdarahan dari vagina di luar waktu haid
Mual dan muntah berkepanjangan
Perut terasa bengkak
Sakit, merasa tidak nyaman saat berkemih
Ada darah pada urin atau feses
Sulit bernapas

Sangatlah penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika nyeri yang Anda rasakan muncul bukan pada masa ovulasi, jika nyeri terasa lebih dari biasanya, atau tidak hilang setelah periode waktu tertentu. Kehamilan terjadi apabila terjadi pertemuan sel telur dan sperma yang masuk melalui vagina seorang wanita dimana pertemuan tersbut terjadi di tuba falopii rahim (uterus). Kemungkinan terjadinya kehamilan lebih kecil apabila sperma tidak dimasukkan ke dalam vagina. Melakukan hubungan seksual pada masa subur dapat membantu keberhasilan terjadinya kehamilan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Nyeri Saat Ovulasi. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar