Sukses

Cedera di tulang kering

26 May 2017, 14:50 WIB
Pria, 23 tahun.

Sudah 3 minggu kaki saya lebam akibat berbenturan saat bermain futsal. Lebam disekitar tulang kering, sampai sekarang masih ada sedikit warna merah khas lebam yang sudah lama, ketika ditekan masih terasa sakit, dan ketika diraba seperti ada benjolan. Apakah hal tersebut normal dok?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang cedera di tulang kering melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Benjolan yang dialami seseorang setelah terbentur adalah umumnya adalah hematoma. Hematoma adalah Luka memar berupa pecahnya pembuluh darah di bawah kulit kemudian darah masuk ke dalam jaringan sekitarnya, sehingga terjadi benjolan yang terjadi karena pembengkakan di area benturan. Pada luka tersebut terjadi pembekuan darah. Luka memar akan sembuh dengan sendirinya. Waktu penyembuhan luka memar bervariasi, berkisar 1-2 minggu, tergantung pada lukanya.Bila bertahun setelahnya benjolan tersebut masih ada dan menetap, harus dievaluasi lagi dengan melakukan pemeriksaan fisik langsung ke dokter. Kemungkinan besar benjolan yang Anda alami bukan lagi hematoma. Kemungkinan lainnya adalah adanya perubahan kedudukan tulang di daerah benturan tersebut atau bisa jadi benjolan sebenarnya tidak ada hubungannya dengan benturan. hanya saja kebetulan benjolan terjadi di daerah yang terbentur. Sulit untuk menentukan apa penyebab benjolan tanpa adanya pemeriksaan langsung. Untuk memastikannya, saya sarankan Anda berkonsultasi langsung ke dokter karena selain wawancara medis yang mendalam, untuk menegakkan diagnosis juga diperlukan pemeriksaan fisik berupa penentuan lokasi pasti, ukuran, konsistensi, hubungan dengan jaringan sekitarnya dan jika diperlukan pemeriksaan penunjang. Semoga keluhan Anda segera dapat tertangani.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cedera di tulang kering. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar