Sukses

Bangun Tidur Nafas Kurang Sedap

26 May 2017, 14:42 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat pagi dok saya mau tanya, Ketika bangun tidur napas saya mngeluarkan bau yg kurang sedap,padahal malam sebelum tidur saya selalu menggosok gigi terlebih dahulu,apa penyebab dan solusinya seperti apa Terimakasih

Terimakasih telah bertanya tentang bangun tidur nafas kurang sedap melalui fitur Tanya Dokter.

Bau mulut yang timbul di pagi hari sebetulnya adalah kondisi yang fisiologis (wajar terjadi), namun jika setelah berkumur atau minum air putih bau masih tetap kuat dan tidak berkurang sama sekali maka perlu ditelusuri apa yang menjadi penyebab dari timbulnya bau mulut.
Yang harus diperhatikan adalah apakah frekuensi, waktu, dan cara penyikatan gigi sudah benar. Frekuensi menyikat gigi sebaiknya minimal 2 kali sehari, saat mandi pagi dan malam sebelum tidur. Saat sebelum tidur ini sangat penting, karena jika Anda tidak menyikat gigi setelah makan malam maka sisa makanan terus menempel di gigi selama Anda tidur, terjadi penimbunan plak dan dapat terbentuk karang gigi. Plak dan karang gigi adalah kontributor utama untuk timbulnya bau mulut. Anda juga perlu memperhatikan apakah cara penyikatan gigi sudah benar, yaitu gerakkan sikat gigi dari atas kebawah dan bukan kanan-kiri (horizontal) untuk membersihkan permukaan gigi bagian depan, dari gigi depan hingga ke gigi belakang. Pada intinya seluruh permukaan gigi harus disikat, bagian dalam gigi pun juga disikat. Jangan lupakan lidah, karena kotoran sisa makanan yang bercampur dengan bakteri di atas lidah dapat menyebabkan bau mulut juga.

Jika masalah ini sangat mengganggu Anda, sebaiknya periksakan gigi Anda segera ke dokter gigi untuk mencari penyebab lainnya, misalnya gigi berlubang, gusi berdarah atau hal lainnya.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai bangun tidur nafas kurang sedap, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar