Sukses

Cabut Gigi Susu Yang Masih Kokoh Karena Gigi Tetap Sudah Tumbuh

26 May 2017, 14:19 WIB
Wanita, 34 tahun.

Pagi Dok.. sy mau konsultasi. Semalam putri sy yg usianya 5th7bln mengalami pencabutan gigi susu 2bh. Karna gigi tetap tumbuh 2bh dr sebulan yg lalu. Apakah keputusan sy sudah tepat karna gigi susunya masih kokoh.. ruang gigi tetap baru muat kalo 2bh gigi susunya dicabut. Apakah ada risiko yang tidak sy ketahui? Terima kasih atas jawabannya Dok

Terimakasih telah bertanya tentang cabut gigi susu yang masih kokoh karena gigi tetap sudah tumbuh melalui fitur Tanya Dokter.

Normalnya gigi susu memang pasti akan goyang bila sudah waktunya untuk digantikan oleh gigi permanennya. Tapi pada beberapa kasus memang tidak goyang, sedangkan gigi tetapnya langsung tumbuh biasanya dibelakang gigi susu disebut persistensi. Untuk gigi depan atas kisarannya sekitar usia 6 tahun namun umumnya batas toleransi +/- 1 tahun. Ada anak yang 5 tahun sudah tumbuh gigi pengganti namun ada juga yang baru tumbuh setelah usia 7 tahun. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya faktor gizi anak atau kehilangan gigi susu terlalu dini.

Keputusan yang anda ambil sudah tepat, yaitu berusaha mencabut gigi susu walaupun belum goyang dikarenakan gigi tetapnya sudah muncul ke permukaan gusi. dengan ini ibu berupaya agar gigi tetap tidak tumbuh diluar lengkung gigi yang normal sehingga diharapkan susunan gigi anak bisa menjadi rata dan baik. Pertahankan kepedulian ibu mengenai kesehatan gigi anak anda agar didapatkan gigi anak dengan susunan yang baik dan tidak bermasalah di masa depannya.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai cabut gigi susu yang masih kokoh karena gigi tetap sudah tumbuh, semoga bermanfaat.

1 Komentar

  • RaY******umala

    Dok anak saya berusia 6 tahun gigi susunya masih kokoh dan belum goyang tepi gigi sirihnya da tumbuh di belakang gigi susunya... Gimana cara mengatasinya dok...???