Sukses

Anak Kurus

24 May 2017, 11:43 WIB
Wanita, 31 tahun.

Slmt sore dok,sy mau mnnykn ank.sy yg kdua perempuan umur mau 4th.bb 12kg.dr dulu mkn gk bs bnyk,tp stelah mkn mesti Bab.sehari bsa 2 sd 3x bab.dan skli bab bnyk. Tp gk diare.tubuhny tetep kurus sd skrg.meskipun dksih vitamin tetep sj.mhn advis.tks

Terima kasih telah bertanya tentang anak kurus melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai anak kurus pasti sangat mengganggu Anda.

Menurut kurva WHO memang pada anak perempuan usia 4 tahun rata-rata memiliki berat badan 16 kg. Anak Anda memang tergolong kurus karena hanya memiliki berat badan 12 kg. Namun, perlu diingat anak kurus belum tentu kurang gizi. 

Kecukupan gizi seorang anak perlu diketahui tinggi badannya. Pastikan kebutuhan gizi anak Anda terpenuhi dengan mencukupi makanan sehari–harinya dengan:

  • Protein
    Anda bisa memilih makanan laut, daging, ayam, telur atau kacang–kacangan yang kaya akan protein.
  • Buah–buahan
    Biasakan anak untuk rajin makan buah–buahan setiap harinya. Berikan anak buah segar ketimbang buah kalengan atau makanan manis lainnya.
  • Sayuran
    Pastikan anak makan sayuran segar setiap harinya. Berikan variasi menu agar anak tidak bosan. Hindari juga memberikan sayuran beku atau kalengan karena tinggi akan sodium.
  • Produk olahan susu
    Susu dan produk olahannya seperti yoghurt atau keju tinggi akan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang anak. Namun bagi anak yang usianya sudah lebih besar dan memiliki berat badan berlebih, Anda bisa memilih susu yang rendah lemak.

Kebutuhan gizi anak berbeda–beda dan bervariasi bergantung dari usia dan jenis kelaminnya. Hindari membanding–bandingkan anak Anda dengan anak lain. Anda bisa mencatat perkembangannya dalam jurnal pribadi dan berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak mengenai tumbuh kembangnya.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai anak kurus. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar